renungan-12-mei-2016-burung-frigate

BURUNG FRIGATE

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 3:1-18
Ayat Emas
Mengapa engkau menghina TUHAN dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kau ambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kau biarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.
( 2 Sam. 12:9 )

Burung Frigate merupakan hewan yang dikenal sebagai burung perompak karena sifat mereka mirip bajak laut, yang berarti mereka memiliki sifat yang suka menyerang burung lain, yang sedang terbang dan merampas makanannya untuk mereka sendiri.

Sifat burung Frigate pernah menghinggapi salah satu raja yang cukup dikenal dalam perjanjian lama, yaitu Daud. Suatu hari, ketika para prajurit dan panglimanya maju berperang, Daud memilih tinggal di istana. Tanpa sengaja ia melihat Batsyeba tengah mandi. Lalu Daud memerintahkan orang memanggil perempuan itu untuk dijadikan sebagai isteri. Supaya rencananya lebih mudah, ia menyuruh suami sang wanita itu untuk ditempatkan dalam medan peperangan yang sulit agar mati terbunuh.

Allah melihat perbuatan Raja Daud adalah jahat dan tidak berkenan, dan Ia mengutus Nabi Natan untuk menegurnya. Karena Daud sudah membiarkan Uria tewas di medan perang, lalu merampas istrinya, maka Allah menimpakan tulah kepadanya sebagai hukuman.

Kerygmers, dalam hubungan apa pun, baik antara bawahan dengan atasan, persahabatan, pertemanan, mengambil keuntungan untuk kepentingan diri sendiri dari pihak lain, adalah hal yang tidak dapat dibenarkan bahkan mengecewakan hati Tuhan.

Kerygmers terkasih, marilah kita belajar berbagi dengan sesama. Janganlah memperdaya atau memanfaatkan orang lain utuk kepentingan diri sendiri.

Mengambil keuntungan dari pertemanan akan membuat kita ditinggalkan orang.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampuni jika selama ini motivasiku dalam berteman keliru. Tolong murnikan tujuanku dalam menjalin persahabatan dengan siapa saja. Amin.”

Photo Credit: animalcorner.co.uk

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *