renungan-05-mei-2016-gara-gara-hal-kecil

GARA-GARA HAL KECIL

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 23:1-25
Ayat Emas
Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.
( Yak. 3:14 )

Gereja Justin kedatangan seorang misionaris yang baru datang dari Afrika, namanya Dr. Cook. Ia datang untuk menceritakan pengalaman hidupnya selama melayani di daerah pedalaman di Afrika.

“Seperti apa sih, hidup di dalam hutan itu? Pasti tidak menyenangkan ya?” tanya Justin penasaran. “Benar, di sana kan banyak binatang buas. Ada singa, ular atau harimau. Wah mengerikan sekali,” ujar Lisa menimpali. Dr. Cook tertawa.

“Sebenarnya musuh terbesar para pelayan Tuhan yang ada di sana, bukannya singa, ular ataupun binatang buas lainnya, tapi nyamuk,” jawab Dr Cook.

“Hah nyamuk? Itu kan cuma binatang kecil?” ujar Mery yang tidak percaya.

Dr. Cook menjelaskan, “Memang kadang binatang buas suka menyerang manusia, tapi jarang. Nyamuklah yang paling banyak membunuh orang-orang di sana, lewat gigitannya, nyamuk membawa penyakit malaria, sakit kuning dan penyakit mematikan lainnya.” Akhirnya anak-anak baru mengerti, bahwa seekor nyamuk walaupun kecil tapi berbahaya.

Kerygmers, seringkali hal-hal yang membuat persahabatan kita hancur bukanlah karena hal-hal besar, seperti pertengkaran serius atau perkelahian. Namun bisa karena hal-hal kecil, seperti : mementingkan diri sendiri, berbohong, mengkhianati sahabat. Hal-hal kecil tersebut hendaknya kita waspadai dalam hubungan pertemanan dan persahabatan kita. Sebab dari hal yang kecil tersebut dapat timbul masalah yang lebih besar dan menimbulkan kepahitan.

Kerygmers terkasih, mari jaga hubungan baik kita dengan teman-teman dan para sahabat kita. Belajarlah dari hal kecil, menjaga perasaan dan kepercayaan mereka, merupakan wujud bahwa kita mengasihi mereka.

Orang dikatakan egois bukan karena ia hanya mau memerhatikan dirinya sendiri, tetapi karena ia tak mau memerhatikan sesamanya. (Richard Whately)
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau selalu menjaga persahabatanku terutama dari hal-hal kecil yang bisa membuatnya hancur. Tolong aku untuk tidak bersikap egois. Amin.”

Photo Credit: www.huffingtonpost.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *