renungan-04-mei-2016-penghasut

PENGHASUT

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 22:47-71
Ayat Emas
Maka setelah dihasut oleh ibunya, anak perempuan itu berkata: “Berikanlah aku di sini kepala Yohanes Pembaptis di sebuah talam.”
( Mat. 14:8 )

Singa, sang raja hutan sedang terbaring sakit di tempat peristirahatannya. Semua binatang datang menjenguknya. Namun singa tidak melihat si kelinci, pengikutnya yang setia. “Kemana dia? Mengapa dia tidak menjengukku?” tanyanya.

“Kelinci memang sombong, sudah tahu Raja sedang sakit, malah sibuk dengan urusannya sendiri,” ucap Serigala, menghasut Raja. Raja Singa termakan omongan itu dan memberikan perintah, “Segera bawa Kelinci di hadapanku, aku yang akan memberinya hukuman!” serunya pada Serigala.

Tak lama kemudian, serigala berhasil membawa kelinci ke hadapan raja. “Mengapa kau tidak datang menjengukku?!” tanya Raja dengan geram.

“Selama ini aku sedang berusaha mencari cara agar dapat menyembuhkanmu, Tuan. Makanya aku belum bisa datang menemuimu,” jawab kelinci. Sebenarnya si kelinci sudah tahu akal jahat serigala. “Oh ya, apa sekarang kamu sudah mendapat caranya?” tanya Raja penasaran. “Sudah, Tuan, supaya lekas sembuh Raja harus makan daging serigala yang direbus,” jawab Kelinci. Akhir cerita,…kamu pasti bisa menduga apa yang terjadi pada serigala sang penghasut tersebut.

Kerygmers , cerita di atas mengajarkan bahwa kalau kita suka menghasut teman, maka itu akan berakibat buruk bagi diri kita sendiri. Mungkin tanpa disadari terkadang kita bukannya menyayangi teman, tapi malah menjelekkan mereka di depan orang lain dan membuat mereka malu.

Kerygmers terkasih, ketahuilah ucapan yang tidak benar hanya menebar benih-benih kehancuran dalam pertemanan kita. Jadi, hentikanlah, sebelum kata-katamu yang menghasut menjadi singa bagimu! Gantilah kata-kata tersebut dengan kata-kata yang saling membangun satu sama lain. Selamat menjadi berkat dalam perkataanmu.

Hasutan hanya membawa perpecahan
Doaku:
“Bapa di Surga, mulai hari ini aku hanya ingin berkata tentang hal-hal yang benar. Dalam nama-Mu aku berdoa. Amin.”

Photo Credit: maskparty.co.uk

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *