renungan-01-mei-2016-jangan-salah-pilih-teman

JANGAN SALAH PILIH TEMAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 21:20-38
Ayat Emas
Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.
(Ams. 13:20)

Pernahkah kamu lari terburu-buru ke toilet umum yang tidak sedap baunya, sehingga kamu merasa ingin muntah? Tetapi kamu sangat perlu menggunakannya, jadi kamu tetap masuk ke sana. Ketika kamu selesai lima menit kemudian, apa baunya tetap sama? Biasanya kita tidak akan mencium bau yang terlalu menyengat seperti sebelum masuk. Semakin lama kita terkunci di dalamnya, maka baunya akan semakin samar.

Kejadian di atas menggambarkan tentang prinsip terbiasa dengan lingkungan. Kalau kita tidak merokok dan tidak ada orang di sekitarmu yang menghisap rokok, kita tidak akan pernah berpikir untuk menghisap rokok. Tapi jika kita bergaul dengan teman yang biasa merokok, kita akan menganggap bahwa menghisap rokok adalah sesuatu yang hal yang biasa dan bukan hal yang keliru. Sayangnya, kebanyakan kita berdalih dengan berkata, “Aku tidak akan terpengaruh.”

Kerygmers, jangan merasa diri kuat dengan menyakini bahwa kebiasaan buruk dari lingkungan yang buruk, tidak akan memengaruhi hidup kita. Sebab firman Tuhan berkata, “kebiasaan buruk dapat merusak kebiasaan baik.”

Kerygmer terkasih, Jika kita sadar bahwa teman dapat memberi efek buruk atau baik, mulai sekarang bertemanlah dengan orang yang mampu memberi pengaruh baik pada kita. Berteman dengan orang negatif hanya akan menyeret kita jatuh dalam kebiasaan dan perilaku buruk, jauhilah itu. Ingatlah jika kita menderita akibat kebiasaan buruk, bukan teman kita yang rugi, tetapi diri kita sendiri.

Satu apel yang busuk dapat merusak sebakul apel (Benyamin Franklin)
Doaku:
“Tuhan Yesus, hari ini aku memutuskan untuk bergaul hanya dengan orang-orang yang memberiku pengaruh baik. Karena aku tahu, temanku akan mempengaruhi kebiasaan dan perilakuku di masa depan. Amin.”

Photo Credit: jasoncfrahm.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *