renungan-25-april-2016-kenalilah-dirimu

KENALILAH DIRIMU

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 18:24-43
Ayat Emas
Hai anakku, dengarkanlah, dan jadilah bijak, tujukanlah hatimu ke jalan yang benar.
(Ams. 23:19)

Octa sayang, maaf, Bapak tidak sempat berpamitan denganmu, karena Bapak harus segera berangkat.
Octa, jangan terlalu banyak bermain HP, sering-seringlah keluar kamar, bantu ibu menyapu halaman atau menyiram bunga, supaya matamu segar dan sehat. Kalau kacamatamu bertambah tebal, kecantikanmu juga berkurang lho….
Jaga adikmu supaya tidak kebanyakan main game. Sekali-sekali ajaklah adikmu berenang atau bermain di halaman. Tolong jaga ibu juga ya. Ingatkan ibu untuk selalu memakai masker, saat naik motor supaya bronchitisnya tidak kambuh. Doakan Bapak supaya selalu sehat dan membawa banyak berkat untuk kalian.

Salam sayang,

Bapakmu

Okta membaca surat dari bapaknya dengan haru. Surat bapak telah menyadarkan dirinya, jika selama ini ia telah bersikap egois, sibuk dengan dirinya sendiri, kurang memperhatikan adiknya dan lalai membantu ibunya. Rasanya malu sekali… saat mengingat hari terakhir bertemu dengan bapaknya, ia malahan merajuk karena tidak dibelikan motor oleh bapak. Akhirnya ia menginap di rumah nenek, tanpa sempat bertemu kembali dengan bapaknya.

“Padahal Bapak begitu baik….bekerja sangat keras untuk kami semua,” ucap Okta dalam hati. “Tidak seharusnya aku bersikap kekanak-kanakan dan mementingkan kepentinganku sendiri… Bapak, maafkan aku!” ucap Okta sambil mendekap surat dari bapaknya.

Terkadang kamu harus mengalami rasa pahit dalam hidupmu, untuk dapat merasakan hal-hal yang manis. Tapi akan lebih indah jika kamu bisa menemukan hal-hal yang manis itu, tanpa menumpahkan kepahitan pada orang lain.

Lihat dirimu, seberapa besar kamu menjadi berkat bagi orang lain, sebelum kamu juga memintanya dari mereka.
Doaku:
“Tuhan Yesus, berkatilah orang-tuaku dalam pekerjaan mereka. Lindungi dan sertailah mereka. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *