renungan-22-april-2016-save-the-earth

SAVE THE EARTH!

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 17:1-19
Ayat Emas
TUHAN Allah mengambil manusia itu …..untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
(Kej. 2:15)
Bacaan: Roma 12:2-3

Dalam pawai budaya memperingati Hari Bumi, sekolahku menampilkan mobil hias berbentuk bumi yang hijau, diiringi siswa-siswi berkostum pepohonan.

Sambil berjalan kaki, kami membagikan kantong dari koran bekas, untuk dipakai sebagai tempat sampah, dari sampah-sampah yang dipungut disekitar para penonton pawai. Kami ingin mengajak masyarakat untuk peduli pada lingkungan dan mengambil sikap positif dan sehat terhadap bumi kita.

Hari ini seluruh penduduk bumi memperingati Hari Bumi. Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi, yang dicanangkan setiap tahunnya pada tanggal 22 April, dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia yaknibumi. Gagasan ini dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun1970, yang juga seorang pengajar lingkungan hidup.

Tanggal 22 April ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret, sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi telah diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network). Ini juga panggilan Allah bagi kita, untuk melaksanakan kehendak-Nya: mengusakan dan memelihara bumi, dengan melakukan hal-hal yang baik dan berkenan di hadapan Allah.

Jika kita ingin kelangsungan hidup, kita harus berani merawat kehidupan.
Doaku:
“Terimakasih, ya, Tuhan Yesus untuk bumi dan segala isinya ini. Ampuni kami jika sekarang keadaannya semakin rusak. Berkatilah kami dalam upaya pemeliharaannya. Amin.”

Photo Credit: costliestpics.blogspot.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *