renungan-11-april-2016-takluk

TAKLUK

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 11:1-28
Ayat Emas
“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
(Yoh. 14:1)
Bacaan: Amsal 27:4-5

Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup berantakan. Kedua orang-tuanya bercerai, dan ayahnya menikah lagi.

Sejak kecil, semangat Chairil yang terkenal adalah kegilaannya. Salah satu sifatnya pantang dikalahkan, baik dalam suatu persaingan, maupun untuk mendapatkan keinginan hatinya. Keinginan dan hasrat untuk mendapatkan sesuatu secara menggebu-gebu itulah, yang menyebabkan jiwanya selalu meluap-luap, menyala-nyala. Boleh dikatakan dia adalah orang yang tidak pernah diam.

Salah seorang temannya pernah bercerita, “Kami pernah bermain bulu tangkis bersama, dan dia kalah. Tapi dia tak mengakui kekalahannya dan mengajak terus bertanding. Akhirnya saya kalah. Semua itu karena kami bertanding di depan para gadis.”

Pada 28 April 1949, Chairil meninggal dunia di usia 27 tahun. Ada beberapa versi tentang sakitnya. Tapi yang pasti, TBC kronis dan sipilis adalah penyakit yang mendera tubuhnya. Talenta besar Chairil Anwar menjadi sia-sia oleh karena pola hidupnya yang salah. Masa lalu membelenggunya dan membawanya dalam pilihan hidup yang salah.

Guys, sebagai Anak-anak Tuhan pasti kamu memiliki keputusan yang berbeda saat kepahitan menyapa. Sebaiknya bukan panas hati, bukan cemburu, bukan dendam, tetapi kasih yang memenuhi setiap rongga hidup kamu. Oleh karena kasih kamu mampu mengampuni. Oleh karena pengampunan, ada sukacita dan damai sejahtera. Oleh karena sukacita dan damai sejahtera, hidupmu pun menjadi indah.

Puncak kesuksesan adalah saat kita mampu menaklukkan diri sendiri dan belajar merendahkan hati.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ajarilah aku untuk selalu mempunyai hati yang mengampuni dan penuh kasih, sehingga hidupku pun menjadi berkat bagi sesamaku. Amin.”

Photo Credit: thejerusalemgiftshop.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *