renungan-25-maret-2016-melawan-kelicikan

MELAWAN KELICIKAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 2:25-52
Ayat Emas
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
(Ef.6:11)

Belut termasuk binatang yang licin. Bentuknya bulat, panjang dan berlendir. Karena kulitnya yang sangat licin, belut sangat susah ditangkap dengan menggunakan dua tangan. Bayangkan jika ada belut yang sudah licin, tercebur ke dalam oli. Betapa semakin susahnya untuk ditangkap.

Demikian pula dengan Iblis, bapa para pendusta ini, sukar sekali dipercaya omongannya. Kata-katanya tak bisa dipercaya, merayu, diputar balik, sekaligus menjebak agar manusia ikut berbuat dosa.

Oleh karenanya, kita butuh perlengkapan senjata Allah, untuk mengalahkan tipu muslihat Iblis. Perlengkapan senjata Allah itu adalah: berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan.

Dari hal tersebut di atas, jelas sudah dikatakan bahwa perlengkapan senjata Allah semuanya bersumber pada Firman Allah dan doa.

Jika kamu rajin membaca Firman Tuhan, memahami dan merenungkannya, maka Iblis tidak akan mudah melawan kita. Iblis suka memutar balikkan firman Tuhan. Jika kamu paham akan Firman Tuhan, maka kamu tidak akan mudah dijebak olehnya.

Demikian halnya dengan doa. Doa sebenarnya adalah sarana komunikasi kita dengan Tuhan Yesus. Jika kita rajin berkomunikasi, maka hubungan kita dengan Tuhan pun lancer. Kalau hubungan kita semakin baik dengan Tuhan, bagaimana mungkin Iblis bisa mendekati kita?

Jadi, tetaplah membaca Firman Tuhan. Tetaplah berdoa. Melalui hal itulah senjata rohanimu makin terasah.

Iblis harus dikalahkan, bukannya diajak untuk berteman!
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampuni aku jika seringkali terjebak bujuk rayu Iblis. Aku ingin melawannya, dengan mengandalkan pertolongan dari-Mu. Amin.”

Photo Credit: www.biblestudytools.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *