renungan-24-maret-2016-karakter-yg-berbeda

KARAKTER YANG BERBEDA

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 2:1-24
Ayat Emas
TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
(Mzm. 37:23)

Apa persamaan dan perbedaan antara Simon Petrus dan Yudas Iskariot? Persamaannya adalah mereka sama-sama murid Tuhan Yesus, yang berkhianat dan menyangkal Dia.

Perbedaannya, setelah melakukan penyangkalan terhadap Tuhan Yesus, Petrus merasa menyesal dan mau bertobat. Pada akhirnya, ia diurapi Tuhan dengan Roh Kudus-Nya dan menjadi salah satu rasul yang bersemangat dalam pelayanan, hingga akhir hidupnya.

Berbeda dengan Yudas Iskariot. Saat ia menyadari bahwa pengkhianatannya tersebut ternyata mendatangkan kematian bagi Guru yang dikasihinya, ia merasa menyesal. Namun penyesalannya tersebut menemui jalan buntu, sehingga ia kemudian mengakhiri hidupnya (Kis.1:12).

Kerygmers, selalu ada dua jalan di hadapan kita, yang menjadi pilihan hidup kita. Pilihan tersebut adalah pilihan yang tetap berdasarkan kehendak-Nya, atau berjalan di luar kehendak-Nya.

Keputusan untuk mengambil pilihan di luar kehendak-Nya, selalu mengandung risiko. Seperti sifat alami manusia, yang tidak sempurna dan terkadang masih sering terjebak dalam dosa. Petrus yang memiliki sifat dominan di antara para murid pun, pada akhirnya mengalami kejatuhan, meskipun dia telah berusaha hidup sesuai dengan kehendak Allah. Rasa takut yang menguasai hatinya, saat melihat Tuhan Yesus mengalami penyiksaan, telah membuat bawah sadarnya mengalami ketakutan yang luar biasa. Sehingga saat ada seseorang yang memojokkan dirinya untuk mengakui bahwa dia adalah bagian dari para murid, serta merta ia menyangkalnya.

Guys, hidup kamu mungkin seperti Petrus, yang terkadang dipenuhi ketakutan. Tapi sebagai anak-anak Tuhan, yang telah menerima kekuatan dan penghiburan di dalam Roh Kudus, jangan biarkan ketakutan itu menguasaimu. Arahkanlah pandanganmu pada Tuhan Yesus, agar kamu hidup sesuai ketetapan-Nya.

Kemauan tanpa disertai penyertaan Tuhan, akan sia-sia belaka.
Doaku:
“Tuhan Yesus, pimpinlah langkahku agar aku dapat berjalan sesuai yang Engkau kehendaki. Jangan biarkan aku berjalan sendiri. Amin.”

Photo Credit: es.pinterest.comc

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *