renungan-14-maret-2016-kepo

KEPO

Bacaan Alkitab Setahun:
Markus 14:1-26
Ayat Emas
Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran,
(2 Tim.2:23)

Kepo adalah akronim dari Knowing Every Particular Object, adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya, walaupun hanya sekelebat.

Dalam beberapa kasus, orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tersebut. Wah, kesannya malahan jadi negatif…

Bahkan ada ungkapan, “Hati hati jika berhadapan dengan orang kepo, hal yang Anda sembunyikan tak lama kemudian akan muncul ke permukaan alias bocor.”

Rini banyak dijauhi teman-temannya. Bukan karena dia gak gaul atau pun kurang pintar. Tapi karena dia kepo, ingin tahu banyak hal yang membuat teman-temannya menjadi risih. Bukan ingin tahu hal-hal yang positif, malah lebih cenderung suka bergosip dan ingin tahu kelemahan temannya yang lain.

Bagaimana sikapmu jika memiliki teman yang kepo?

Kerygmers, ingin serba tahu segala sesuatu memang baik, tapi ada kalanya kamu juga harus pandai mengerem segala keinginanmu tersebut, sebelum akhirnya melukai orang lain.

Bagaimana cara yang bisa diambil agar kita tidak menjadi kepo? Setialah membaca, merenungkan dan mencoba melakukan Firman Tuhan dalam hidupmu. Jika kita mau setia membaca Firman Tuhan, tentu Tuhan juga akan menolong kita untuk dapat mengendalikan diri, mengendalikan lidah dan bibir kita. Selamat mencoba!

Milikilah kualitas rohani yang hebat, jangan hanya suam-suam kuku.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku rindu dapat memuliakan nama-Mu melalui segala hal yang ingin kuketahui. Tolonglah agar aku bijak dengan pengetahuan yang kumiliki. Amin.”

Photo Credit: kiosederhana.blogspot.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *