renungan-12-maret-2016-batu-sandungan

BATU SANDUNGAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Markus 13:1-20
Ayat Emas
…Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!
(Rm.14:13b)
Bacaan: Roma14:13-18

Beberapa hari yang lalu, Susan harus masuk rumah sakit gara-gara demam tinggi. Usut punya usut, ternyata hal tersebut disebabkan perkara sepele, terlalu banyak minum es.

Sebenarnya Susan tahu bahwa minum es tidak baik untuk kesehatannya, karena tenggorokannya mudah sekali meradang setiap kali meminum es. Tetapi karena belakangan ini cuaca begitu panas, dan dia melihat saudara-saudaranya meminum air es dengan nikmatnya, ia pun tergoda untuk mencobanya.

Apa dampaknya? Hanya gara-gara segelas air es yang diminumnya, Susan harus diopname karena mengalami pembengkakan di tengorokannya disertai demam yang tinggi. Tentu saja hal itu menghabiskan banyak biaya. Uang tabungan keluarga yang seharusnya dipakai untuk renovasi rumah, habis tak bersisa.

Seringkali apa yang kita lakukan, walaupun hal tersebut tidak berdampak negatif kepada kita, tapi sesungguhnya hal tersebut memiliki dampak negatif bagi orang lain, yang ada di sekitar kita.

Dalam hal-hal rohani, mungkin saja kita telah memiliki tingkat iman yang dewasa, tapi belum tentu orang lain memiliki tingkat iman seperti kita. Barangkali masih banyak orang-orang yang belum dewasa secara rohani sehingga apa yang kita lakukan, walau sebenarnya kita yakin bahwa hal tersebut tidak bertentangan dengan Firman Tuhan, toh, hal tersebut dapat menjadi batu sandungan bagi saudara-saudara kita yang lemah.

Kerygmers, yuk lebih berhati-hati dengan kehidupan kita, agar hidup kita pun bisa menjadi berkat bagi orang lain, bukan malahan menjadi batu sandungan.

Orang kuat itu jadi batu loncatan, bukan batu sandungan bagi orang lain.
Doaku:
“Tuhan Yesus yang penyayang, jadikan aku berhasil, sehingga aku menjadi berkat bagi orang lain. Tolong aku untuk selalu merendahkan diriku. Amin.”

Photo Credit: thewell.sg

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *