renungan-27-januari-2016-daya-ingat

DAYA INGAT

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 18:1-20
Ayat Emas
aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
(Flp. 3:13b)

Tahukah kamu menurut hasil sebuah penelitian, ternyata selain domba bisa mengenali perbedaan warna, ia juga mampu mengingat raut wajah sesama jenisnya selama dua tahun terakhir, dan bisa mengenali wajah manusia, khususnya pemilik domba?

Ya, domba memang termasuk binatang yang mempunyai daya ingat yang baik. Tidak hanya itu, domba atau biri-biri ternyata juga dikenal sebagai hewan yang cukup cerdas dan mandiri.

Manusia pun memiliki daya ingat yang bagus. Bahkan kita bisa mengingat kejadian yang sudah berlalu bertahun-tahun lamanya. Hebat kan? Namun sayangnya, kita cenderung memakai ingatan kita untuk hal-hal buruk, seperti mengingat terus kesalahan yang pernah dilakukan teman, tidak mau melupakan ucapan teman yang pernah menyinggung perasaan kita, dan seterusnya.

Seandainya kita mau menggunakan ingatan kita untuk hal-hal yang benar, seperti mengingat pelajaran, mengingat firman Tuhan, tentu itu akan membuat kita jauh lebih senang.

Di awal tahun ini, pilihlah untuk memiliki hati yang baru, salah satu caranya adalah dengan melupakan hal-hal buruk yang ada di belakang kita, dan memfokuskan diri pada hal-hal indah di depan, yang sudah Tuhan sediakan.

Pilihlah untuk mengingat segala hal yang baik dan benar.
Doaku:
“Tuhan Yesus, hari ini aku memutuskan untuk hanya mengingatkan hal yang sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.”

Photo Credit: kickfeed.co

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *