renungan-16-desember-2015-berbagi-adalah-kebahagiaan

BERBAGI ADALAH KEBAHAGIAAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 7
Ayat Emas
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.
(Ams. 11:24)

Ayah terlahir dalam keluarga yang serba kekurangan. Semenjak remaja ia tidak punya banyak waktu untuk bermain dan bersantai bersama teman-temannya. Waktunya habis untuk membantu ke dua orang-tuanya di ladang.

Sejak dari kecil ayah bertekad untuk mengubah nasibnya, agar tidak mengalami kemiskinan seperti ke dua orang-tuanya. Ia bekerja keras sehingga berhasil dan sukses.

Suatu hari ayah mengajakku merayakan natal di Filipina, di sebuah desa kecil. Sepanjang perjalanan aku hanya sibuk memperhatikan apa yang dilakukan ayahku. Suatu kali kami sedang menunggu bus di bandara kecil, di kota itu. Aku melihat ayah bercakap-cakap dengan seorang anak muda berambut panjang. Mereka sangat serius dan tak lama kemudian aku melihat ayah mengeluarkan beberapa lembar uang dan memberikannya kepada pemuda tersebut.

“Ayah, siapa pemuda tadi..” tanyaku penasaran.

“Hmmm, bukan siapa-siapa Nak, dia hanyalah seorang pemuda yang ingin berlibur menemui orang-tuanya di Amerika, tapi tidak punya uang.”

“Mengapa Ayah begitu mudahnya memberikan uang dalam jumlah banyak pada orang yang baru Ayah kenal?” protesku. “Nak… Ayah pernah mengalami kesusahan yang begitu sangat, dan sejak saat itu ayah berusaha untuk menolong setiap orang yang ada di sekeliling Ayah. Inilah kebahagiaan Natal yang Ayah peroleh jika Ayah dapat membantu orang lain yang membutuhkan.”

Kerygmers, aku malu dengan Ayahku. Selama ini aku hanya memikirkan bagaimana mengadakan pesta yang meriah dengan banyak teman, tapi tidak peduli dengan nasib orang-orang miskin disekitarku.

Mukjizat itu masih terjadi bagi orang yang percaya kepada-Nya
Doaku:
“Tuhan Yesus, baruilah hatiku dengan kasih yang lebih peduli pada sesama di sekitarku.Amin.”

Photo Credit: rachaelleestroud.wordpress.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *