renungan-13-november-2015-memberi-hormat

MEMBERI HORMAT

Bacaan Alkitab Setahun:
Ibrani 10:1-18
Ayat Emas
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.
(Rm. 12:10)

“Martha, ayo, kasih salam pada Om Tyo,” ucap Mama mengingatkan. Tapi bukannya segera memberi salam dan hormat, Martha malahan memandang wajah mamanya dengan heran.

“Ma, bukannya selama ini Om Tyo, sering menyakiti hati Mama. Tapi mengapa Mama masih mengampuni dia, bahkan mengundangnya di acara keluarga kita?” bisik Martha di telinga mamanya.

“Martha,” ucap Mama pelan, saat mereka telah berada di dalam kamar, “Dulu memang Mama pernah marah atas perbuatan Om Tyo, pada keluarga kita. Tapi sebagai anak-anak Tuhan Yesus, kita diajari untuk tetap mengasihi…menghormati dia sebagai bagian dari keluarga besar kita. Tambah lagi karena Om Tyo, belum menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya, jadi kita harus tetap mengasihi dia dan menjadi teladan,” terang Mama panjang lebar.

Kerygmers, mungkin kamu pernah merasa terluka karena sikap seseorang. Pilihanmu untuk mengampuni dia adalah pilihan yang tepat. Pilihan tersebut harus pula disertai sikap untuk menghormati dia, bukan untuk perbuatannya yang buruk, tapi menghormati dia sebagai seseorang yang juga salah satu ciptaan-Nya.

Yuk, terus belajar menghargai dan menghormati sesamamu, sebagai bagian ciptaan Tuhan. Dan pilihan untuk mengampuni adalah pilihan yang bijak, yang akan membuatmu bahagia.

Membenci seseorang sama artinya tidak menghargai siapa penciptanya.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ajar aku untuk mau mengampuni sesamaku yang telah melukai hatiku. Aku percaya mereka juga ciptaan-Mu yang baik, yang harus juga selalu kuhargai. Amin.”

Photo Credit: bigpeteh.blogspot.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *