renungan-30-oktober-2015-hachiko

HACHIKŌ

Bacaan Alkitab Setahun:
II Timotius 4
Ayat Emas
Perlihatkanlah kepadaku, ya TUHAN, petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu, aku hendak memegangnya sampai saat terakhir.
(Mzm.119:33)

Hachi menjadi anjing peliharaan Profesor Hidesaburō Ueno, yang mengajar ilmu pertanian di Universitas Kekaisaran Tokyo. Profesor Ueno waktu itu berusia 53 tahun, sedangkan istrinya, Yae berusia 39 tahun. Hachi dipelihara bersama dua ekor anjing lain, S dan John.

Ketika Profesor Ueno berangkat bekerja, Hachi selalu mengantar kepergian majikannya di pintu rumah atau dari depan pintu gerbang. Di pagi hari, bersama S dan John, Hachi kadang-kadang mengantar majikannya hingga ke Stasiun Shibuya. Di petang hari, Hachi kembali datang ke stasiun untuk menjemput.

Pada 21 Mei 1925, seusai mengikuti rapat di kampus, Profesor Ueno mendadak meninggal dunia. Hachi terus menunggui majikannya yang tak kunjung pulang, dan tidak mau makan selama tiga hari. Ditemani John dan S, ia pergi juga ke stasiun untuk menjemput majikannya.

Pada tahun 1932, kisah Hachi menunggu majikan di stasiun mengundang perhatian Hirokichi Saitō dari Asosiasi Pelestarian Anjing Jepang. Prihatin atas perlakuan kasar yang sering dialami Hachi di stasiun, Saitō menulis kisah sedih tentang Hachi. Publik Jepang akhirnya mengetahui tentang kesetiaan Hachi yang terus menunggu kepulangan majikannya. Setelah Hachi menjadi terkenal, pegawai stasiun, pedagang, dan orang-orang di sekitar Stasiun Shibuya mulai menyayanginya. Sejak itu pula, akhiran kō (sayang) ditambahkan di belakang nama Hachi, dan orang memanggilnya Hachikō.

Sebuah patung juga film dibuat untuk mengenang kesetiaan Hachikō. Seekor anjing saja bisa sangat setia kepada majikannya. Seharusnya kita pun lebih setia kepada Tuhan Yesus yang telah menebus dosa kita.

Kesetiaan jauh lebih berharga daripada emas
Doaku:
“Tuhan Yesus, inilah hidupku. Aku mau setia mengikut Engkau sampai akhir hidupku. Amin. “

Photo Credit: japacocomedia.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *