renungan-09-oktober-2015-panjang-umur

PANJANG UMUR

Bacaan Alkitab Setahun:
Kolose 1
Ayat Emas
Hormatilah ayahmu dan ibumu
(Ef.6:2a)

Sore ini semua keluarga besar Pak Handoko berkumpul, untuk merayakan ulang tahun Pak Handoko yang ke-75 tahun. Semua anak, cucu dan menantu datang untuk merayakan sukacita itu. Termasuk Cici, salah seorang cucu perempuannya.

“Kek, apa sih rahasianya…kok, bisa panjang umur?” bisik Cici pada Kakeknya, saat mereka berdua duduk-duduk di kebun, di belakang rumah.

Sambil tersenyum kakeknya menjawab, “Cici sayang, Kakek panjang umur karena diberkati Tuhan. Kakek bahagia karena semua anak-anak Kakek, termasuk orang-tuamu menghormati orang-tuanya. Para cucu juga hidup dengan sopan dan saling mengasihi. Bagaimana Kakek tidak bahagia?”

Ya, betul, seperti nasihat Rasul Paulus yang mengatakan bahwa Allah akan memberikan umur panjang bagi anak-anak yang menghormati orang-tuanya. Tentu saja, perintah untuk menghormati orang-tua ini adalah satu perintah yang penting.

Kamu masih ingat cerita legenda tentang Malin Kundang? Apa yang dapat kamu pelajari dari kisah tersebut? Seseorang yang tidak menghargai dan menghormati orang-tuanya, pada akhirnya akan binasa. Dengan kata lain, ia tidak berumur panjang.

Kerygmers, jika kamu ingin memiliki umur panjang dan bahagia selama hidup di dunia ini, taatilah firman Tuhan, salah satunya dengan menghormati orang-tuamu. Lakukan dan kamu akan rasakan manfaatnya!

Kamu ada karena adanya ayah dan ibumu. Hormatilah mereka!
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampunilah aku, jika selama ini sering mendukakan hati orang-tuaku. Tolong aku untuk terus belajar menghormati mereka. Amin.”

Photo Credit: www.tocadacotia.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *