renungan-08-oktober-2015-menghormati-orang-tua

MENGHORMATI ORANG TUA

Bacaan Alkitab Setahun:
Filipi 4
Ayat Emas
Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua…
(Im. 19:32a)

“Ahhh, pusingggggg…! Aku malas pulang ke rumah. Mama papa selalu bertengkar terus. Tiap hari pasti berantem, bicaranya kasar, bahkan papa memukul mama,” cerita Cindy pada Guru Sekolah Minggunya.

Karena kesal dengan situasi di rumah, yang tidak ada damai sejahtera, kerap Cindy juga berlaku kasar terhadap orang-tuanya. “Ngapain menghormati mereka…papa dan mama sendiri tidak bisa kasih contoh yang baik,” cerita Cindy lagi di lain waktu pada Guru Sekolah Minggunya.

“Cindy, meski kamu sangat bête terhadap kedua orang-tuamu, kamu tidak boleh berlaku demikian terhadap mereka,” nasihat Bu Maria, Guru Sekolah Minggunya.

“Tapi, Bu… Cindy marah. Setiap kali mereka bertengkar, itu yang membuat sedih hatiku.”

“Cindy sayang…ada banyak permasalahan orang dewasa yang kadang kurang bisa kita pahami. Saat mereka bertengkar, berdoalah bagi mereka agar Roh Kudus memberikan kasih sayang dan kedamaian. Saat mereka mulai tenang, datangilah mereka dan katakana: Papa Mama, aku mengasihi kalian…dan merasa sedih saat kalian bertengkar. Mungkin melalui hal itu mereka dapat kembali diingatkan,” ucap Bu Maria lagi. “Tapi,…sebagai seorang anak, bagaimanapun keadaan orang-tua kita, kamu harus tetap menghargai dan menghormati mereka!” tegas Bu Maria.

Ya, menghormati orang-tua adalah perintah Tuhan yang harus dilakukan. Hormati saja mereka, maka Allah yang akan memberkati kehidupan kamu.

Ayah, ibu,…I love you!
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau menyerahkan kedua orang-tuaku. Pimpin dan berkatilah mereka agar menjadi teladan bagi anak-anaknya. Amin.”

Photo Credit: www.wellbeing.com.au

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *