renungan-04-agustus-2015-mendengarkan-ajaran

MENDENGARKAN DIDIKAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 7
Ayat Emas
Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu
(Ams.1:8)

Riko suka melawan nasihat orang-tuanya. Seperti pagi ini, akhirnya ia bertengkar dengan papanya. Awalnya, mama mengingatkan Riko, agar ia tidak merokok. Tapi Riko menanggapinya dengan cuek, bahkan terkesan tidak mau memperhatikan nasihat tersebut. Papa yang melihat hal tersebut menjadi marah melihat kelakuannya yang tidak sopan.

Kisah Bimo lain lagi. Ia sering mendapatkan teguran dari papa mamanya, karena sering tidak menaati nasihat mereka. Suatu kali, akhirnya ia dibikin kapok, karena tidak mendengarkan nasihat mamanya. Hampir saja ia kehilangan kakinya, karena mengalami kecelakaan, karena tidak memakai helm saat mengendarai motor.

Anak-anak sepantaran denganmu memang terkadang sering bertindak semaunya sendiri. Terkadang mereka mengambil alasan, “Ah, aku kan sudah besar, mengapa banyak aturan?” atau “Memang ortu itu cerewet banget ya, banyak banget larangannya!”

Tahukah kamu, saat ortumu memberikan nasihat, pasti ada alasan besar dibelakang semua itu. Entah itu untuk kebaikkanmu, atau ada hal lain yang memang tidak boleh kamu langgar.

Jika kamu ingin berhasil dalam hidupmu, dengarkan nasihat ortumu, patuhi dan lakukan. Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak pas di hatimu, bicarakan baik-baik dan sopan bersama orang-tuamu, jangan membentak ataupun melawan.

Karena sesungguhnya mereka adalah wakil Allah di bumi ini, yang bertanggungjawab atas dirimu. Jadi hargailah mereka!

Sebuah nasihat mendatangkan kebaikkan bagi orang yang melakukannya.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampunilah aku jika sering mengabaikan dan meremehkan nasihat orang-tuaku. Aku mau mendengarkan didikan mereka untuk kebaikan diriku. Amin.”

Photo Credit: campusnooz.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *