renungan-31-juli-2015-modern-park

MODERN PARK

Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 3
Ayat Emas
egala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
(Mat. 7:12)

FB, twitter, BBM, Whatsapp, Line, Path, tumblr, Instagram, Skype, kakaotalk dan sebagainya adalah taman bermain masa kini. Badan ada di rumah, pikiran dan emosi melayang-layang di cyber space.

Parahnya, tanpa bertemupun, orang bisa berantem tuh di cyber world. Saling serang dan saling sindir sudah jadi hal yang biasa. Kadang sebuah twit singkat bisa jadi gossip hangat di sekolah selama berhari-hari.., ya ampun !

Berikut ada empat prinsip untuk kita bisa enjoy dan mencerminkan anak Tuhan di social media.
1. Tingkah laku kita pada waktu online mencerminkan tingkah laku kita saat offline. Jadi jangan menulis apapun saat kamu sedang marah atau emosi. Pikir dulu baru nulis.
2. Hindari hal-hal yang negatif. Kalau kamu tersinggung dengan seseorang, tegur dia face-to-face. Jangan masuk dalam diskusi yang menyerang orang lain.
3. Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Selalu ada orang yang rese dan nyebelin di manapun, bahkan di social media. Jangan ditanggapi, tinggalkan saja.
4. Kalahkan kejahatan dengan kebaikan. Jangan perang status, itu nggak akan ada habisnya. Seperti orang yang melempar api, jika kita melempar api juga, itu akan membesar. Lebih baik diam dan pasang status netral. Berbuatlah baik pada mereka.

Kata-kata bisa menyembuhkan atau melukai.Pakailah dengan bijaksana.
Doaku:
“Roh Kudus, jagai aku supaya tidak menyakitkan hati orang lain melalui media sosial. Ajari aku untuk lebih bijaksana. Amin.”

Photo Credit: http://wikimedia.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *