renungan-04-juli-2015-para-penonton

PARA PENONTON

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 13:1-25
Ayat Emas
Pada suatu kali Yesus duduk menghadapi peti persembahan dan memperhatikan bagaimana orang banyak memasukkan uang ke dalam peti itu. Banyak orang kaya memberi jumlah yang besar.
(Mrk. 12:41)

Valen sedang berada di toilet sebuah mall besar. Ia melihat Aprilia, kakak kelasnya sedang memberikan uang pada petugas kebersihan toilet. Petugas itu menolak dengan alasan pemakai toilet tidak perlu membayar. Ia mendengar kakak kelasnya itu berkata,”Oh, gak apa-apa, Mbak. Terima kasih, toiletnya bersih.” Akhirnya penjaga menerima uang itu. Dan setelah dilihat, ternyata itu uang Rp 20.000,- Valen melihat semua itu tanpa Aprilia mengetahui keberadaannya yang baru ke luar dari toilet paling ujung. Valen sangat kagum pada kakak kelasnya yang murah hati dan menghargai orang kecil.

Tuhan Yesus sedang memperhatikan orang-orang yang memberi persembahan. Bahkan janda miskin itu tidak menyadari jika Tuhan memperhatikannya. Apa yang dilakukan janda miskin itu, tanpa sepengetahuannya memberikan pengertian baru pada murid-murid Tuhan Yesus. Janda miskin itu juga tidak tahu bahwa tindakannya tetap menjadi berkat hingga 2000 tahun kemudian.

Berhati-hatilah dengan tingkah lakumu. Kadang tanpa kamu sadari, ada sepasang mata yang sedang melihat apa yang kamu lakukan. Mungkin orang itu melihatmu saat kamu menyembah Tuhan di gereja atau sedang bercanda dengan teman-temanmu. Pastikan sikap dan tingkah lakumu jadi berkat untuk orang lain.

Ada banyak penonton yang tidak kita sadari. Pastikan mereka melihat yang baik dari diri kita.
Doaku:
“Tuhan Yesus, selalu ingatkan aku di manapun aku berada untuk menampakkan diri sebagai anak-Mu. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *