renungan-30-juni-2015-barang-langka-itu-bernama-kesetiaan

BARANG LANGKA ITU BERNAMA “KESETIAAN”

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 10:1-23
Ayat Emas
Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya
(Ams. 19:22a)

Coba deh, googling kata kesetiaan. Hasilnya hampir semua link dikaitkan dengan hubungan cinta dan kasih sayang suami istri atau sepasang kekasih.

Padahal kalau kita lihat dalam kamus, arti kesetiaan itu luas juga, yaitu terkait dengan bakti, kepatuhan, ketaatan, keteguhan hati, komitmen dan loyalitas.

Arti kesetiaan yang terakhir tadi lebih luas maknanya, tak hanya soal cinta dan hubungan sepasang kekasih. Bicara kesetiaan, bisa dikaitkan antara soal komitmen menyelesaikan tugas-tugas kita sampai tuntas, dan tidak berhenti di tengah jalan misalnya. Atau soal bagaimana kita bisa taat pada aturan bersama, seperti hukum dan berbagai bentuk tata tertib. Juga berhubungan dengan wujud patuh kita pada orang-tua yang dalam nasihatnya, pastilah untuk kebaikan kita.

Sayangnya kesetiaan sering menjadi “barang” langka. Kesetiaan dianggap usang dan selalu hanya dikaitkan dengan hubungan laki-laki dan perempuan dalam berpacaran atau berumah tangga. Sementara sekarang lebih banyak orang yang suka melanggar aturan, enggan patuh pada nasihat orang-tuanya yang dianggap ketinggalan zaman dan tidak pernah serius di dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kerjanya setengah-setengah, tidak pernah tuntas.

Kerygmers, rupanya sikap yang diinginkan oleh kebanyakan orang dari orang lainnya menyangkut kesetiaannya. Demikian juga dengan kamu, jadikan kesetiaan sebagai karakter dirimu. Setia yang berarti patuh, taat, teguh hati, berkomitmen dan penuh loyalitas pada kebenaran dan kebaikan tentunya.

The foundation stones for a balanced success are honesty, character, integrity, faith, love and loyalty. (Zig Ziglar)
Doaku:
“Tuhan Yesus, mampukan aku belajar setia dan taat, sebab Engkau telah menunjukkan kesetiaan-Mu, bahkan sampai harus mati di kayu salib. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *