renungan-17-juni-2015-its-up-to-me

IT’S UP TO ME

Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 3
Ayat Emas
Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.
(Yoh. 20:23)

Pilih mana, punya banyak teman atau punya banyak musuh? Gampang sih, jawabannya. Pasti punya banyak teman. Bahkan ada kata-kata bijak, “thousands friends are not enough, one enemy is to much.” Jadi seharusnya kita memilih untuk memiliki sebanyak mungkin teman dan sahabat, bahkan yang kedekatannya bisa jadi, jauh lebih dekat dari seorang saudara.

Firman Tuhan mengatakan bahwa kejahatan tidak boleh dibalas dengan kejahatan. Bahkan kamu harus melakukan apa yang baik bagi orang lain dan memilih untuk hidup dalam perdamaian dengan semua orang.

Kata kuncinya di dalam bacaan Alkitab hari ini adalah, “… bergantung padamu …” (ay. 18). Ayat ini menunjukkan bahwa orang percaya sudah seharusnya “memilih” karena semua “bergantung pada kita” untuk hidup dalam damai dengan semua orang, dan untuk mengampuni orang lain, untuk minta maaf bila kita salah kepada orang lain. It’s up to us. Kamulah yang pegang kendali atas responmu terhadap orang lain, situasi atau kejadian, atas keadaan di luar dirimu.

Orang lain boleh benci kamu, sebaliknya kamu mengasihi mereka. Orang lain tidak mau berdamai dengan kamu, sebaliknya kamu lebih dulu berusaha berdamai dengan mereka. Orang lain mau menjadikan kamu musuhnya, tapi kamu tidak. Kamu berusaha untuk berteman dengannya. Bisa? Pasti bisa! It’s up to you!

Hidup terlalu singkat hanya untuk dendam. Pilih bersabar, mencoba mengerti dan maafkan kesalahan orang lain
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolonglah aku menjadi bijaksana untuk bersabar, belajar mengerti orang lain, memaafkan orang yang bersalah kepadaku dan berani minta maaf bila aku melakukan kesalahan. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *