renungan-13-juni-2015-memberi-kesempatan-kpd-Tuhan

MEMBERI KESEMPATAN KEPADA TUHAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 21
Ayat Emas
Sebab barangsiapa yang kamu ampuni kesalahannya, aku mengampuninya juga. Sebab jika aku mengampuni, –seandainya ada yang harus kuampuni–,maka hal itu kubuat oleh karena kamu di hadapan Kristus,
(2 Kor. 2:10)

Saat SMA dulu, ada kejadian tak terlupakan. Saat sedang menunggu kendaraan umum di halte dekat sekolah, tiba-tiba datang segerombolan anak sekolah dari SMA lain, yang kebetulan sering tawuran dengan sekolah saya. Mereka langsung menyerang.

Salah satu di antara mereka memukul dan… “Plakkk!” pipi saya kena bogem mentahnya. Entah dari mana kekuatan itu datangnya, saya tidak melawan. Saya hanya hampiri orang yang memukul tadi dan berkata, “Aku maafkan kamu!” Sontak saja dia terlihat heran dan kaget, dengan respon yang tak terduga. Ia lantas mengajak teman-temannya untuk pergi meninggalkan halte tersebut.

Tindakan memaafkan dan mengampuni ternyata mempunyai dampak yang luar biasa dan di luar dugaan. Dampaknya antara lain memperbaiki hubungan yang telah rusak (rekonsiliasi). Tapi bukan itu saja. Yang lebih dahsyat sebenarnya kamu sedang “memberi kesempatan” kepada Tuhan untuk menyatakan kebenaran-Nya melalu hidupmu, yaitu melalui perbuatan dan tindakanmu.

Luar biasa bukan? Kalau kamu mengampuni, maka Tuhan sedang menyatakan kebenaran-Nya, yaitu kekuatan kasih dan pengampuan yang sanggup mengubah hidup seseorang. Tuhan Yesus melakukannya melalui kamu.

Jadi ketika kamu mengampuni dan mengasihi, itu bukan saja untuk kamu dan orang yang kamu maafkan, tetapi untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus!

Saat engkau mengampuni, engkau mengasihi. Di saat itulah terang Allah bersinar atasmu (Jon Krakaue)
Doaku:
“Tuhan Yesus ijinkan aku menyatakan kebenaran-Mu melalui tindakan dan perbuatanku yang memaafkan dan mengampuni orang yang bersalah kepadaku. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *