renungan-10-juni-2015-unlimited-forgiveness

UNLIMITED FORGIVENESS

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 19:1-22
Ayat Emas
Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.
(Mrk. 11:26)

“Kali ini aku maafkan! Tapi, lain kali….tak ada maaf buatmu!” ucap Sisil dengan wajah marahnya. Rupanya Sisil sudah tak tahan dengan perbuatan Bayu, kawan di kelompok belajarnya.

Wah, mungkin kamu pernah mengalami seperti Sisil. Tapi kembali kita diingatkan, sebagai anak-anak Tuhan, selalu diminta untuk mengampuni. Tapi sampai berapa kali? Kalau dia masih terus berbuat kesalahan pada kita, apakah masih perlu diampuni? Pertanyaan yang serupa dengan Petrus kepada Tuhan Yesus.

Tapi jawaban Tuhan Yesus sungguh mengejutkan. Di tengah budaya “mata ganti mata, darah ganti darah” yang berkembang di masyarakat saat itu, Tuhan Yesus justru mengatakan bahwa pengampunan harus diberikan 70 x 7 x , atau dengan kata lain sempurna dan tanpa batas.

Dapatkah kita menjalankan perintah Tuhan Yesus itu? Susah pastinya, tetapi bukan hal mustahil untuk melakukannya. Belajar rendah hati dan lapang hati untuk bisa memberi pengampunan yang sebesar itu. Terus belajar dan berlatih pada Tuhan, karena Dialah sumber pengampunan bagi kita.

Kamu tidak bisa memaafkan cuma sekali dalam hidupmu, sebab mengampuni adalah latihan hidup setiap hari. (Sonia Rumzi)
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku sering mengalami kesulitan untuk mengampuni seseorang yang bersalah terhadapku. Tolong aku untuk bisa terus mengampuni dengan kasih dari-Mu. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *