renungan-09-juni-2015-karena-roh-kudus-dapat-mengampuni

KARENA ROH KUDUS, AKU DAPAT MENGAMPUNI

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 18:19-40
Ayat Emas
Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia;
(Kis. 2:17a)

“Kalau melihat si Roy rasanya sebel banget! Sudah buat salah, eh, pura-pura gak tahu!” omel Sasha pada Sisi sahabatnya.

Mungkin tanpa sadar kamu pun sering mengomel seperti itu, saat kesal terhadap seseorang, yang jelas-jelas telah berbuat salah terhadap kita, tapi pura-pura tidak tahu dan tidak pernah mau minta maaf pada kita.

Tapi pertanyaannya adalah apa harus terus seperti itu? Saling diam, tak bertegur sapa, gak berteman lagi bahkan bermusuhan?

Kalau dulu sebelum menjadi anak-anak Tuhan, mungkin kamu bisa berbuat hal serupa itu. Tapi kamu sekarang adalah anak-anak Tuhan, sudah seharusnya juga terus berada di bahwa kuasa pimpinan Roh Kudus. Nah, kalau kamu yakin bahwa hidupmu dipimpin Roh Kudus, harusnya kamu juga berani mengambil langkah luar biasa, yang jelas-jelas berbeda dengan apa yang orang lain biasa lakukan.

Langkah luar biasa itu adalah belajar memaafkan dan mengampuni orang lain. Kamu memilih untuk memaafkan dan mengampuni dia, meskipun mungkin dia tidak tahu dan tidak mau. Mengapa? Karena kamu tidak perlu menghabiskan energi untuk membenci dan memendam amarah, bahkan kebencian.

Ayo, ambil langkah sebagai anak-anak Allah, mau mengampuni mereka yang bersalah kepadamu.

Memberi ampunan adalah bentuk cinta kasih sesungguhnya
(Reinhold Niebuhr)
Doaku:
“Roh Kudus, aku menyadari bahwa untuk mengampuni seseorang tidaklah mudah. Kadang aku merasakan kesulitan yang besar. Tolong aku ya, Bapa, supaya bisa mengampuni mereka. Amin.”

Photo Credit: http://www.raineronline.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *