renungan-07-juni-2015-janjiku-pada-nya

JANJIKU PADA-NYA

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 17
Ayat Emas
Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?
(Mi.7:18)

Dalam film drama musikal “Les Miserable”, salah satu adegannya adalah tokoh utama pria yang diperankan Russel Crow, mencuri perabotan perak milik seorang pastor. Tak lama kemudian ia tertangkap dan dibawa ke hadapan sang pastor. Polisi mengatakan bahwa mereka menangkap si laki-laki dengan tuduhan mencuri. Sang pastor spontan mengatakan bahwa barang-barang perak itu tidak dicuri, ia memberikannya kepada laki-laki tadi. Sontak si laki-laki tadi kaget campur haru. Ia berjanji akan menggunakan barang-barang tadi sebagai modal usahanya, dan tidak akan berbuat melawan hukum lagi.

Kerygmers, perjuangan untuk berubah menjadi baik bukanlah pekerjaan mudah, tapi harus dilakukan. Pertobatan si tokoh film tadi dan usahanya untuk menepati janjinya menjadi orang baik, dipenuhinya dengan perjuangan yang tidak mudah.

Nah, Firman Tuhan kepada nabi Yehezkiel mengatakan bahwa hanya orang yang melakukan kebenaran, berlaku adil dan setia lah yang dapat disebut orang benar. Inilah tindakan yang harusnya menyusul pengakuan dan penyesalan kita atas dosa-dosa yang kita lakukan.

So, Tuhan memang telah berkenan kepada pengakuan dosa dan permohonan ampun kita. Tuhan Yesus juga mau kita berubah menjadi baik, berlaku benar, adil, setia dan sesuai dengan kebenaran Firman-Nya. Ini janji kita, ini lah tanggungjawab kita atas hidup baru yang sudah diberikan Tuhan pada kita.

“Maafkan aku” adalah sebuah pernyataan. “Aku tidak akan mengulangi” adalah sebuah janji. “Bagaimana aku bisa menjadi lebih baik?” adalah sebuah tanggung jawab
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau berjanji setia hanya kepada-Mu yang telah membebaskan dan menyelamatkanku, serta memberiku hidup baru yang penuh arti. Amin.”

Photo Credit: Flickr.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *