renungan-04-juni-2015-uncountable

UNCOUNTABLE

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 14
Ayat Emas
Oleh karena nama-Mu, ya TUHAN, ampunilah kesalahanku, sebab besar kesalahan itu.
(Mzm. 25:11)

Dalam Matematika tanda bilangan yang melambangkan bilangan tidak terhingga, adalah (~) atau huruf (E) pada kalkulator. Ini artinya bilangan yang dimaksud besarnya tidak terhingga, karena proses penghitungannya akan terus berlangsung dan berulang.

Misalnya kita membagi 1 dengan 1.000.000.000.000.000.000.000, maka kalkulator akan melaporkan hasilnya menjadi 1e-21.

Hamba pertama dalam perumpamaan ini berhutang 10.000 talenta. Satu talenta nilainya 6.000 dinar. Satu dinar adalah upah kerja sehari. Artinya hutangnya adalah 60.000.000 dinar atau sama dengan 60 juta hari kerja (164.383 tahun). Kebayangkan besarnya?

Hutang yang seharusnya ia tebus dengan menyerahkan hidupnya dan juga seluruh anggota keluarganya. Beruntungnya, sang Raja berbelas kasihan untuk menghapuskan seluruh hutangnya. Sayangnya ia tidak melakukan hal yang sama pada sahabatnya, yang berhutang sebesar 100 dinar saja kepadanya.

Hutang dosa kita juga begitu besar di hadapan Tuhan Allah kita. Kita tidak akan dapat membebaskan diri sendiri. Oleh sebab itu, Tuhan Allah berinisiatif untuk membebaskan kita dan melunasi seluruh hutang dosa kita, melalui karya keselamatan yang dikerjakan-Nya dalam Yesus Kristus, Juruselamat kita.

Hal ini harusnya membuat kita mampu mensyukuri kasih Tuhan itu dan mewujudkannya dengan kesediaan mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

Pengampunan dari Tuhan bukan alasan untuk melakukan dosa lagi, tapi untuk mengasihi-Nya dengan segenap hidup kita.
Doaku:
“Tuhan Yesus, tak terhitung salah dan dosaku di hadapan-Mu. Ampunilah aku dan jadikanlah aku baru di hadapan-Mu. Amin.”

Photo Credit: http://www.geograph.org.uk

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *