renungan-29-mei-2015-si-ratu-sampah

SI RATU SAMPAH

Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 11:1-29
Ayat Emas
….untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
(Kej. 2:15)

Amilia mendapat julukan sebagai si Ratu Sampah. Awalnya, bermula dari kejengkelannya melihat orang-orang yang membuang sampah sembarangan, dan akhirnya ia bersama teman-temannya membentuk kelompok “Go To Zero Waste School” yang bertujuan untuk mengelola sampah di sekolahnya, saat mereka duduk di SMP.

Saat SMA Amilia menerapkan metode ”From Trash to Trashion”, yaitu pengolahan sampah plastik dan kain perca, menjadi kreasi tas. Sementara sampah-sampah organik diolah menjadi kompos. Ia berhasil menginspirasi banyak orang dan juga mendapat sederet penghargaan antara lain: Young Change Maker Ashoka (2009), Duta Sanitasi Jawa Barat (2010), dan Satu Indonesia Award (2010).

Pada zaman dulu lingkungan masih bersih, begitu juga dengan sungai. Airnya mengalir jernih dengan ikan-ikan yang berenang lincah menemani orang mandi. Sekarang zaman telah berubah, semakin banyak orang yang tinggal di bumi ini, sungai pun makin keruh, berbau, sampah bertebaran di mana-mana, segala macam sampah yang hanyut bisa ditemui; sampai kasur pun juga ada.

Kerygmers, ayo berubah! Jika kamu menginginkan bumi ini bersih sesuai dengan harapanmu, maka mulailah dari dirimu terlebih dahulu. Mulailah berinisiatif mencari cara yang kreatif, untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu. Lingkungan yang bersih, maka manusianya pun akan makmur pula, karena segala berkat Tuhan pasti akan menyertai orang-orang yang peduli pada karya tangan-Nya.

Bagaimana manusia bisa melihat kemuliaan Allah jika tempat tinggal segala makhluk penuh dengan sampah?!
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau menjadi teladan bagi sekitarku. Tolong aku untuk peduli pada semua karya ciptaan-Mu. Amin.”

Photo Credit: http://pixabay.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *