renungan-22-april-2015-save-our-earth

SAVE OUR EARTH !

Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 17:1-19
Ayat Emas
Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus…
(2 Tim. 1:9a)

Hari ini adalah hari Bumi sedunia yang dicetuskan oleh salah seorang Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970.

Hari Bumi mengingatkan pada kita bahwa bumi ini harus dijaga dengan baik, agar anak cucu kita kelak juga bisa menikmatinya. Sebab di galaksi Bimasakti ini, hanya planet Bumi lah yang dapat ditinggali manusia. Hanya saja (sayangnya) sering kali kita lupa untuk merawat dan melindungi planet ini. contohnya, masalah membuang sampah. Kenapa sih kok selalu ada himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya? Atau daur ulang sampah sisa pakai?

Tahukah kamu, ternyata waktu penguraian benda-benda sisa pakai atau sampah itu bermacam-macam. Tissue toilet memerlukan waktu 2-4 minggu untuk lebur di dalam tanah. Kulit pisang : 3-4 minggu; Tas kertas : 1 bulan; Koran : 1,5 bulan; Inti buah apel : 2 bulan; Kardus : 2 bulan; Sarung tangan katun : 3 bulan; Kulit jeruk : 6 bulan; Tripleks : 1-3 tahun; Kaos kaki wol : 1-5 tahun; Kardus susu : 5 tahun; Filter rokok : 10-12 tahun; Sepatu kulit : 25-40 tahun; Kaleng tipis lapis baja : 50 tahun; Styrofoam : 50 tahun; Sol karet sepatu boot : 50-80 tahun; Wadah plastik : 50-80 tahun; Kaleng aluminum : 200-500 tahun; Botol plastik : 450 tahun; Pampers : 550 tahun; Tali pancing : 600 tahun; Kantong plastik : 200-1.000 tahun.

Kamu bisa bayangkan…betapa tersiksanya bumi ini, saat harus menerima, mengolah dan menghancurkan sampah-sampah tersebut. Jika kamu ingin tetap hidup sehat, pasti kamu akan mulai berpikir saat akan membuang sampahmu. Yuk, mulai hidup sehat; daur ulang sampahmu jika masih bisa terpakai. Stop merusak bumi! Memelihara bumi berarti kamu turut memenuhi panggilan-Nya!

Keselamatan tidak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga bagi dunia di mana kita berpijak.
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk makin peduli terhadap bumi, ciptaan-Mu ini. Amin.”

Photo Credit: http://upload.wikimedia.org

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *