renungan-27-januari-2015-jadi-kebal

JADI KEBAL

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 18:1-20
Ayat Emas
Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan TUHAN, tetapi orang yang mengeraskan hatinya akan jatuh ke dalam malapetaka.
(Ams. 28:14)

Raja Mithridates VI dari Pontus punya kebiasaan minum racun dengan dosis rendah sepanjang hidupnya, agar dia kebal dari segala racun. Itu dilakukan sebagai tindakan berjaga-jaga seandainya ada seseorang yang mencoba meracuni dirinya.

Namun suatu kali, kerajaannya runtuh dan ia ditangkap oleh orang Romawi pada tahun 63 SM. Waktu itu, dia mencoba bunuh diri dengan minum racun dosis tinggi. Sayangnya, ternyata tubuhnya sudah benar-benar kebal, sehingga racun itu tidak membunuhnya. Karena takut disiksa oleh tentara Romawi, akhirnya dia meminta seorang budak untuk membunuhnya dengan menggunakan sebuah pedang.

Karena suka minum racun, lama-lama tubuh Raja Mithridates jadi tahan terhadap racun. Demikian juga dengan kita, misal kita berbohong satu kali mungkin awalnya kita takut ketahuan, takut dimarahi, tapi bila kita terus-menerus melakukannya, terus berkata dusta maka lama-lama hati kita akan kebal, kita jadi tidak takut lagi melakukan perbuatan negatif itu.

Kerygmers, saat melakukan hal buruk, mari cepat sadari kalau hal itu salah, lalu segera minta ampun pada Tuhan. Jika terus mengeraskan hati, kita akan kebal akan dosa, dan tidak akan peka lagi dengan suara Tuhan.

Kesalahan yang tak segera dperbaiki akan membuat kesalahan yang lebih besar lagi.
Doaku:
“Tuhan Yesus, bantu aku untuk taat pada perkataan-Mu. Kalau Engkau berkata bahwa aku harus bertobat, aku mau mengikutinya. Amin.”

Photo Credit: http://owprince.wordpress.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *