renungan-22-januari-2014-hati-hati-gunakan-mata

HATI-HATI GUNAKAN MATA

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 14:22-36
Ayat Emas
Tiada kutaruh di depan mataku perkara dursila; perbuatan murtad aku benci, itu takkan melekat padaku.
(Mzm. 101:3)

Loly suka sekali nonton TV. Begitu pulang sekolah, ia menonton terus hingga malam. Ia tak sadar terlalu banyak nonton TV itu berbahaya. Apalagi ia tidak pilih-pilih, semua acara ditontonnya meski untuk dewasa. Dia suka melihat sinetron yang banyak menunjukkan adegan kekerasan – ayah memukul anaknya, ibu memaki pelayan di rumah dengan kata-kata kasar. Lalu Loly pun senang menonton acara komedi yang kadang, pemainnya suka melontarkan kata-kata yang tak pantas.

Saat hari Minggu, Loly pergi beribadah dan menyanyi lagu, “Hati-hati gunakan matamu.. Sebab Bapa di Surga melihat ke bawah, hati-hati gunakan matamu.” Guru Sekolah Minggu berkata, “Tidak semua hal, baik untuk dilihat. Sebab hal tersebut dapat merusak pikiran.” Loly mengerti dan mulai hati-hati dengan apa yang ia lihat.

Kerygmers, semestinya kita pun menyaring tontonan kita. Artinya kita tidak menonton atau melihat hal-hal yang memang belum pantas dilihat anak-anak seumuran kita. Karena apa yang kita lihat sering kali memengaruhi kita. Melihat orang suka mencaci, lama-lama kita akan berlaku seperti itu juga. Jadi, pastikan apa yang kita lihat atau tonton itu positif, sehingga pikiran dan tindakan kita juga positif.

Apa yang kita lihat bisa berpengaruh bagi hidup kita. Jadi, lihatlah sesuatu yang benar saja.
Doaku:
“Roh Kudus, tolong aku untuk menjaga mataku ini dari hal-hal yang buruk. Amin.”

Photo Credit: http://ask.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *