renungan-17-januari-2015-green-action

GREEN ACTION

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 12:1–23
Ayat Emas
Maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
(Ibr. 1:2)
Bacaan: Ibrani 1:1-4

Apa sih green action itu? Aksi hijau untuk bumi agar bebas dari segala toxic (racun) dan membuat lestari. Ini bisa kita lakukan sendiri atau bersama-sama, caranya :

  1. Recycle kreatif. Kita bisa mendaur ulang sampah. Contohnya mengubah sampah plastik atau bungkus deterjen, sabun pencuci piring jadi tas, payung, dompet, dll.
  2. Menghemat air. Memang sih 70 % dari permukaan bumi kita ini tertutup air, tapi dari total yang ada itu, air bersih cuma sekitar 3 % saja. Makanya biasakan untuk menghemat air.
  3. Irit kertas. Please jangan boros kertas, karena jumlah pohon sebagai bahan baku kertas itu sudah tipis banget. Tiap menit kerusakan hutan mencapai 3 hektar atau sama luasnya dengan enam kali lapangan bola.
  4. Pakai listrik seperlunya. Temperatur bumi kita sudah naik lebih dari 1 derajat dalam 2 tahun terakhir. Kalau temperaturnya terus naik dan gak terkendali, akibatnya gawat, bisa terjadi pemanasan global.

Nah, supaya temperatur bumi gak naik sampai batas 2 derajat, kita mesti efisien menggunakan energi listrik. Nyalakan lampu 10 jam sehari, lalu TV cukup 3 jam sehari saja.

Kerygmers, bumi yang asri gak tercipta dengan sendirinya. Itu perlu diusahakan. So, ambil bagian didalamnya yuk!

Sudah jadi tanggung jawab kita untuk menjaga lingkungan sekitar.
Doaku:
“Bapa di Surga, terima kasih, untuk alam yang indah yang Kau beri. Aku mau menjaganya dengan baik. Amin.”

Photo Credit: http://nwinkandtoner.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *