renungan-14-januari-2015-peduli-lingkungan

PEDULI LINGKUNGAN

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 10:1–20
Ayat Emas
Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu!”
(Mzm. 122:7)

Di sebuah taman kecil di kota Seville, di Spanyol, ada sebuah tanda di depan sebatang pohon yang berkata demikian, “Hai, engkau yang lewat dan hendak mengangkat tangan melawan aku, dengarkanlah sebelum engkau melukai aku! Akulah api yang menghangatkan di musim dingin. Naungan yang sejuk tempat engkau berteduh di musim panas. Buah-buahku santapan yang menyegarkan. Menyejukkan dahagamu saat engkau dalam perjalanan. Lembaran untuk mejamu. Tempat tidur untuk pembaringanmu. Dan kayu untuk membangun kapalmu. Akulah pegangan untuk tanggamu. Pintu untuk rumahmu. Kayu untuk buaianmu. Dan papan untuk peti jenazahmu. Engkau yang lewat, dengarkanlah doaku: jangan lukai aku.”

Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Bayangkan seandainya setiap orang mencoret-coret dinding yang ada di taman, misalnya, merusak tanaman di tempat wisata, atau memakai seenaknya fasilitas di tempat umum, tentu semuanya akan terlihat jelek.

Kerygmers, jagalah keasrian lingkungan di mana pun kita berada. Kalau kita melakukukannya, niscaya cepat atau lambat teman-teman akan mengikutinya. Dan lingkungan yang aman, bersih, dan nyaman akan tercipta.

Lingkungan yang aman, bersih, dan nyaman tidak terjadi sendirinya tapi perlu diusahakan.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau selalu menjaga kebersihan dan keindahan di mana pun aku berada. Tolong aku untuk setia melakukannya. Amin.”

Photo Credit: http://www.globalblackenterprises.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *