renungan-04-januari-2015-bertengkar-tak-ada-gunanya

BERTENGKAR TAK ADA GUNANYA

Bacaan Alkitab Setahun:
Matius 4
Ayat Emas
Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!
(Rm. 12:18)
Bacaan: Roma 12:9-21

Serigala dan rubah selalu berburu bersama. Namun suatu kali, ketika mendapat seekor kelinci, mereka bertengkar-saling memperebutkan tangkapan.

Rubah kesal karena serigala mengambil potongan kelinci terlalu banyak. Sedang serigala merasa berhak mengambil lebih banyak karena menganggap dialah yang paling berjasa. “Larikulah yang paling kencang, sedang kau berjalan lambat sekali,” kata serigala.

“Tidak, aku juga sudah berusaha keras, jadi aku yang berhak mendapat daging kelinci paling banyak.”

Kera yang melihat itu bertanya, “Apa yang kalian pertengkarkan?” Mereka masing-masing bercerita. Akhirnya kera berkata, “Sebenarnya tidak ada dari kalian yang salah. Kalian sama-sama telah berupaya dan seharusnya mendapat bagian yang sama pula.” Mendengar perkataan kera, rubah dan serigala sadar kalau mereka salah, dan memutuskan tidak bertengkar lagi.

Kerygmers, ada kalanya dalam pertemanan, terjadi pertengkaran antara kita dengan teman. Tapi ketahuilah, pertengkaran bila terus dilanjutkan hanya akan menimbulkan kebencian dan kekesalan. Karena itu, belajarlah mengalah. Sikap ini akan membuat dunia kita lebih damai, lebih tenang. Iya kan?

Bertengkar cuma membuat dunia kita jauh dari kebahagiaan.
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolong aku untuk selalu hidup rukun dengan teman-temanku. Amin.”

Photo Credit: www.stepsusan.blogspot.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *