renungan-05-desember-2014-berubah

BERUBAH !

Ayat Emas
Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup sama seperti Daud, bapa leluhurnya, dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.
(2 Raj. 22:2)

Yosia seorang raja muda, yang memimpin Yehuda – Israel Selatan sejak usia 8 tahun. Wah, hebat sekali! Padahal jika dibayangkan, anak seusia itu masih sangat gemar bermain dan memikirkan dirinya sendiri. Tapi Yosia berbeda. Pemerintahannya selama 31 tahun dinilai sangat berprestasi, sehingga ia disamakan dengan Daud.

Yosia berhasil, karena ia didampingi oleh para imam. Ia mendapat didikan luar biasa dari para imam tersebut. Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah ia bersedia taat dan menghormati didikan para imam itu, sehingga ia menjadi takut akan Tuhan.

Keberhasilan pemerintahan Yosia dimulai dari dirinya sendiri. Saat berumur 16 tahun, Yosia memutuskan untuk berbalik kepada Allah dan meninggalkan ilah orang Asyur yang dianut para pendahulunya. Pertobatan Yosia mendatangkan pertobatan bagi seluruh istana dan kerajaannya. Ia melakukan reformasi besar-besaran bagi bangsanya, yang membuat bangsa itu akhirnya berbalik kepada pertobatan yang besar pula.

Belajar dari Yosia, ternyata kita dapat mematahkan pendapat bahwa kaum muda tidak akan berarti apa-apa. Asal mau memakai kesempatan yang diberikan, sebenarnya kitapun bisa melakukan hal-hal besar. Tetapi kunci utamanya adalah lakukan hal besar didalam diri kita terlebih dahulu, yaitu pertobatan. Baru kemudian melangkah keluar.

Pertobatan membawa kita pada rasa percaya diri. Pertobatan memberi kita kekuatan dan keberanian. Inilah bekal yang kita perlu untuk menjadi pemimpin. Ayo, segera mulai langkah besar itu dari dirimu sendiri!

Mulailah langkah besar itu dari dirimu sendiri dan ubahlah dunia dengan kasihmu.
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolong aku untuk berani jujur mengakui segala dosa-dosaku kepada-Mu. Aku mau menjadi alat-Mu yang memberkati sesamaku. Amin.”

Photo Credit: http://asepsupriatna.com

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *