renungan-28-oktober-2014-sumpah-pemuda

SUMPAH PEMUDA

Ayat Emas
…karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.
(Gal. 3: 28)

85 tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Oktober 1928, sekelompok pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai pelosok negeri Indonesia telah bersumpah bahwa meski mereka berbeda-beda suku, ras, agama, bahasa, budaya dan sebagainya, tapi tetap bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, yaitu Indonesia.

Lusy dulu juga sering merasa jengkel pada teman-temannya, yang terus-menerus mengejek dirinya, karena ia keturunan Tionghoa. Meski ia bukan keturunan orang Indonesia asli, ia merasa telah menjadi satu bagian dengan Indonesia, yang merupakan bangsa dan tanah airnya.

Lusy mungkin bukan satu-satunya anak yang menderita. Ada ribuan anak seperti Lusy, yang merasa terasing dari sekitarnya karena mereka bukan keturunan asli bangsa Indonesia. Tapi itu dulu… sekarang pemerintah Indonesia telah semakin terbuka terhadap warga negara asing yang tinggal dan berdiam di Indonesia.

Kamu mungkin juga mengingat lagu, “Yesus Cinta Segala Bangsa.” Ya, Tuhan Yesus mencintai siapa saja, bangsa mana saja, tidak memandang apa warna kulit mereka, bagaimana bahasa mereka. Tapi Tuhan Yesus mengasihi setiap orang yang mau datang pada-Nya dan mau menerima keselamatan dari-Nya.

Jika kamu memang bangga dengan Indonesia, maka kamu juga akan belajar mencintai setiap orang yang tinggal di dalamnya, tidak perlu memandang asal daerah, budaya, warna kulit, bahasa daerah mereka. Karena kita telah memiliki kesatuan hati untuk mencintai satu bahasa yakni bahasa Indonesia. Satu bangsa yakni bangsa Indonesia. Juga satu tanah air, tanah air Indonesia. Jaga selalu kesatuannya!

Muka boleh beda, tapi hati tetap sama; satu Indonesia tercinta
Doaku:
“Tuhan Yesus, mampukanlah aku untuk menghargai setiap perbedaan di sekitarku, karena aku percaya semua itu juga untuk saling melengkapi. Terima kasih untuk negeriku Indonesia. Amin.”

Photo Credit: [img]http://statik.tempo.co

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *