renungan-24-oktober-2014-end-of-war

END OF WAR

Ayat Emas
Tetapi Esau berlari mendapatkan dia, didekapnya dia, dipeluk lehernya dan diciumnya dia, lalu bertangis-tangisanlah mereka.
(Kej. 33: 4)

Pada saat Perang Dunia I, negara Jerman dan Inggris bertempur sengit. Masing-masing negara berharap bisa memenangkan peperangan. Tapi perang terus berlanjut sampai Natal tiba. Di dinginnya malam Natal, mereka tetap berada di medan perang, bersembunyi di parit-parit pertahanan.

Tiba-tiba terlihat pasukan Jerman menyalakan lilin di tiang-tiang dan bayonet-bayonet mereka; ini menjadikan sasaran empuk, karena posisi mereka mudah terbaca oleh pasukan Inggris. Tapi tentara Inggris memutuskan untuk tidak menembak. Bahkan saat mereka melihat dengan binoculars (teropong), terlihat tentara Jerman memegang pohon Natal di atas kepala mereka, di rantingnya terdapat lilin-lilin terang. Kemudian terdengar beberapa tentara Jerman menyanyi dalam bahasa mereka. Tentara Inggris samar-samar memahami nadanya; Lagu Malam Kudus.

Akhirnya kedua kubu mengirim dua tentara untuk saling bertemu dan berjabat tangan saat bertatap muka. Mereka merayakan Natal bersama-sama. Menurut saksi hidup dari tentara Inggris, Frank Richards, beberapa tentara Jerman yang fasih berbahasa Inggris mengatakan jika mereka sebenarnya sudah muak dengan peperangan dan sangat senang jika peperangan ini benar-benar bisa berakhir.

Ayo bersama-sama kita dukung perwujudan perdamain dunia. Mulailah saling mengasihi. Kalau ada orang-orang yang memusuhi kamu dan tetap tidak mau berdamai; setidaknya kamu sudah memutuskan untuk berdamai dan berhenti menyerang. Doakanlah mereka, agar mereka juga merindukan rasa damai dalam hidup mereka.

Perang berakhir saat salah satu pihak berhenti untuk menyerang; apalagi jika kedua-duanya setuju untuk berdamai.
Doaku:
“Tuhan Yesus, berkatilah setiap orang di dunia ini dengan kasih-Mu, sehingga perdamaian dalam hidup yang menjadi tujuan hidup mereka. Amin.”

Photo Credit: [img]http://www.ninirysh.nl

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *