renungan-21-oktober-2014-dina-sang-pemberani

Dina Sang Pemberani

Ayat Emas
Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”
(Yes. 41:13)

Dina, gadis yang berasal dari Kwelam dua, kampung Balukh, Yahukimo, Papua, sangat ingin bersekolah. Ia masuk SD di desanya, tapi karena sekolah tersebut tidak mendapat status persamaan dari pemerintah, ia harus mengikuti ujian persamaan di distrik Sela, yang jaraknya dua hari perjalanan kaki.

Meski ia masih kecil, Dina tetap teguh dengan cita-citanya. Ia beranikan diri untuk menempuh perjalanan itu. Ia pergi dengan orang-orang di desanya, tanpa ditemani papa-mamanya. Di tengah jalan ia sering menangis karena tidak kuat berjalan, tapi ia harus tetap berjalan supaya tidak ditinggal oleh orang-orang yang terus berjalan meski lelah. Mereka memang tidak boleh berhenti untuk beristirahat sejenak, karena mereka harus sampai ke desa berikutnya sebelum malam tiba. Bermalam di tengah hutan sangatlah berbahaya.

Saat melanjutkan ke SMP, Dina harus berpindah ke kota Dekai, dengan menempuh perjalanan dua hari berjalan kaki. Ia tinggal di sana jauh dari orang tuanya, di sebuah warung, sambil membantu mencuci. Sekarang Dina sudah mendapat bantuan beasiswa untuk melanjutkan SMA di kota Malang.

Dina mungkin seringkali merasa sendiri, saat ia harus menggapai harapannya. Tapi sebenarnya ia tidak sendiri, ada pribadi yang tak terlihat yang senantiasa mendampingi. Ya, Tuhan Yesus ada di sisi kita, dan selalu akan menopangkan tangan-Nya saat kita terancam bahaya. Janganlah takut untuk terus maju, saat rintangan berat menghalangi setiap cita-citamu, karena ada Dia yang setia mendampingimu.

Meski engkau merasa sendiri, sebenarnya engkau tidak benar-benar sendiri karena ada Allah yang senantiasa mendampingimu.
Doaku:
“Tuhan Yesus, aku mau selalu diam di dekat-Mu, karena bersama-Mu aku mendapatkan ketenangan dan pertolonganku. Ajar aku untuk berani melangkah bersama-Mu. Amin.”

Photo Credit: [img]http://pixabay.com/get/e8ed4567e3281c8638a5/1410849144/person-110303_1280.jpg?direct

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *