renungan-19-oktober-2014-pede-aja-kalee

PEDE AJA KALEE…!

Ayat Emas
Maka aku menjawab: “Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda.”
(Yer.1: 6)

Vivi, gadis kecil kelas 4 SD ini, sangat antusias ingin belajar menyanyi. Tapi saat sedang menyanyi ia sering berkata, “Ah, suaraku kok jelek, ya….” Akhirnya suara yang keluar dari mulutnya menjadi tidak keras, karena ia tidak PD (percaya diri) samasekali.

Vivi tidak tahu, bahwa apa yang dipikirkannya tentang suaranya, tidak sama seperti yang didengar oleh orang lain. Ia tidak tahu bahwa apa yang ia dengar tentang suaranya, berbeda sekali dengan yang didengarkan oleh orang lain.

Kita tidak pernah tahu seperti apa bunyi suara kita yang asli, karena saat kita berbicara atau menyanyi, pasti suara yang masuk ke telinga kita akan mendapat “gangguan-gangguan” dari gema dan dengung di dalam rongga kepala kita.

Rugi sekali semisal kita merasa suara kita jelek, padahal sebenarnya bagus. Kita akan merasa minder, dan ini merusak gambar diri kita. Kita tidak antusias lagi untuk menyanyi dan meninggalkan talenta itu.

Awalnya Yeremia juga merasa tidak mampu, saat Tuhan mengutus dirinya. Gangguan-gangguan yang berasal dari dalam diri kita sering menyebabkan kita berpikir negatif, merasa tidak mampu dan minder. Gangguan-gangguan itu bisa berupa memori-memori buruk yang terekam di otak karena perkataan-perkataan buruk tentang diri kita dari orang tua, teman, saudara, guru, dll. Yakinlah bahwa dirimu tidak seburuk yang kamu kira. Percayalah, Dia yang memanggilmu, Dia pula yang akan menyempurnakanmu.

Dirimu yang sebenarnya, tidak sama dengan apa yang kamu pikirkan.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampuni aku yang seringkali merasa minder dengan kemampuan yang aku miliki. Tolong kuatkan hatiku dan perlengkapi hidupku, agar aku bisa melayanimu dengan sungguh. Amin”

Photo Credit: Konstantin Sutyagin via Compfight cc

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *