renungan-12-oktober-2014-cerdik-ala-burung-hantu

Cerdik Ala Burung Hantu

Ayat Emas
“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
(Mat. 10:16)

Ada sejenis burung hantu asal Afrika yang mempunyai perilaku unik. Saat ia berhadapan dengan burung hantu yang lebih besar, maka ia akan menegakkan bulu-bulunya, membentuk ekor dan sayap-sayapnya mirip ekor burung merak jantan. Sehingga ia terlihat lebih besar untuk menakuti lawannya.

Saat ia dihadapkan dengan burung hantu yang lebih besar lagi, ia malah merampingkan dan meninggikan tubuhnya mirip sebatang pohon, supaya ia tersamarkan dari pandangan lawan yang jauh lebih besar darinya.

Saat kamu mendapat gertakan dari temanmu, diejek, diolok-olok, dipukul, dilecehkan atau istilah sekarang bully, apa yang harus kamu lakukan? Melawan atau diam saja dan terus ditindas oleh mereka?

Kebanyakan anak-anak yang menerima perlakukan bully adalah anak-anak yang terlihat lemah. Orang yang melakukan bully semakin terlihat senang saat melihat korbannya tak berdaya dan menjadi bulan-bulanan mereka. Juga mereka akan bertambah senang saat korbannya termakan rasa marah dan mulai membalas.

Solusinya adalah kamu harus cerdik seperti burung hantu tadi. Jangan diam saja saat mereka hendak mem-bully kamu. Artinya, kamu harus menunjukkan bahwa diri kamu bukan seseorang yang layak untuk menerima bully, sehingga mereka segan untuk mem-bully kamu. Juga saat orang yang mem-bully kamu adalah orang yang jauh lebih kuat dari kamu dan terus berusaha mem-bully kamu, lebih baik menghindar saja daripada mencari masalah. Diperlukan hikmat untuk memilih cara mana yang tepat. Juga ketulusan hati untuk selalu mengampuni mereka.

Sebuah tamparan di pipi, bisa dibalas dengan jabat tangan dan persahabatan yang erat.
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolong aku agar tidak menerima perlakuan yang melecehkan dari teman-temanku. Tolong aku untuk kuat dengan penyertaan Roh Kudus. Amin.”

Photo Credit: kjonespr via Compfight cc

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *