renungan-09-oktober-2014-cacing-berdiri

Cacing Berdiri

Ayat Emas
Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia…
(2 Raj. 2: 23b)

Saat masih SD, ketika mendekati bulan Oktober, Gigih pasti berdoa dengan sangat giatnya. Bulan Oktober waktu itu adalah musim pancaroba, dimana angin bertiup sangat kencang.

Membayangkan hal itu, Gigih terus berdoa lebih kencang lagi. Lho, kenapa ya? Masalahnya, saat itu tubuh Gigih sangat kurus. Seringkali teman-temannya mengolok-olok dia dengan sebutan “cacing berdiri.” Dia takut, saat nanti di musim yang anginnya kencang itu mereka akan semakin menggolok-olok tubuhnya yang kurus, akan terbang diterpa angin seperti layang-layang. Membayangkan kengerian olok-olok mereka, Gigih pun selalu berdoa, sebelum makan, “Tuhan Yesus, kiranya makanan ini bisa membuat tubuhku menjadi gemuk dan besar.”

Terkadang kamu memang harus menghadapi tekanan dari teman-temanmu, atas sesuatu dalam dirimu yang tidak sesuai dengan standar yang dibuat oleh mereka. Kalau kamu terlalu kurus, gemuk, hitam, pendek, keriting, dll., pasti akan menjadi bahan olok-olok mereka. Penyebabnya adalah, karena tidak semua dari teman-teman kamu mengerti bahwa setiap kita adalah ciptaan yang berharga di mata Allah; meskipun diri kita tidak memenuhi kriteria sempurna yang ditawarkan oleh dunia di sekitar kita.

Kalau kamu sendiri masih mempunyai kebiasaan menertawakan dan mengolok-olok orang lain, coba pikir ulang tindakanmu itu. Allah ingin kita berhenti dari kebiasaan buruk tersebut, karena dapat merusak citra diri orang lain. Maukah kamu segera menghentikannya? Kalau tidak Allah sendiri yang akan bertindak menghentikannya, seperti yang dialami Elisa di atas.

Perkataan yang jahat bisa merusak pribadi seseorang menjadi sangat buruk.
Doaku:
“Ampunilah aku ya, Tuhan Yesus, karena telah menyakiti hati temanku, dengan perkataan-perkataan yang kurang berkenan pada-Mu. Tolonglah aku bisa memberkati orang lain melalui lidahku. Amin.”

Photo Credit: [img]http://pixabay.com/get/4ae5ac1be6441fc1a3de/1410410321/yada-yada-222767_1280.jpg

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *