renungan-23-agustus-2014-pilih-medan-perangmu

Pilih Medan Perangmu

Ayat Emas
Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.
(Ams. 24:6)

300adalah judul film Hollywood yang release tahun 2007. Film yang mengandung adegan sadis ini menggambarkan tentang peperangan di Thermopylae, Yunani. Ceritanya, bangsa Persia hendak menaklukkan Yunani. Raja Leonidas membawa hanya 300 orang prajurit untuk membendung 300.000 prajurit Persia. Ajaibnya, 300 tentara ini sanggup mengadakan serangan yang cukup membuat kewalahan pasukan Persia.

Walau akhirnya 300 prajurit ini terbantai dan menjadi korban, kisah keberaniannya menyebar dan menyebabkan Sparta dan Yunani bersatu untuk mengakhiri serangan Persia.

Seorang jenderal perang yang baik tahu mana pertempuran yang harus dihadapi dan mana yang harus dihindari. Ia sanggup menghitung jumlah korban yang akan jatuh dan kemungkinan menang. Yang pasti ia tidak akan bertempur di setiap pertempuran.

Kitapun seperti itu juga. Banyak hal di hidup kita yang membuat kesal, jengkel dan marah. Tapi tidak setiap ada hal yang mengesalkan kita harus bertempur. Jangan dikit-dikit berantem. Jika di jalan ada tukang becak yang ngawur, biarkanlah itu. Untuk apa juga berantem dengan tukang becak. Tapi jika ada yang melecehkan dan bullying kita, itu harus diladeni. Dengan bijaksana, tentunya. Jangan sampai konflik itu malah mencelakakan kita.

Simpan emosi dan tenagamu untuk berperang pada hal yang benar-benar penting.
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolong aku untuk mengendalikan diri dan benar-benar memilih medan perangku dengan bijaksana. Amin.”

Photo Credit: Kertész László via Compfight cc

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *