renungan-28-juni-2014-mana-yang-lebih-berat

Mana Yang Lebih Berat

Ayat Emas
” Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia.”
(1 Kor.10:13a)

Pernahkah kamu mendengar seseorang bertanya, “Berat mana, satu kilogram garam dengan satu kilogram kapas?”

Dua ekor keledai berjalan menuju ke sebuah pasar yang lumayan jauh. Keledai yang pertama membawa sepuluh kilogram kapas, sedang keledai yang kedua membawa sepuluh kilogram garam.

Di tengah perjalanan, keledai pertama yang selalu mengeluh, berkata, “Huh… alangkah beratnya bebanku. Bungkusan yang sekian besar harus aku pikul. Enak temanku itu, muatannya jauh lebih kecil, pasti jauh lebih ringan… ini tidak adil!”

Ketika sampai di tepi sungai, mereka beristirahat sejenak. Karena merasa kegerahan, keledai yang membawa garam cepat-cepat turun ke dalam sungai, hendak minum dan merendam dirinya dalam air sungai yang dingin. Setelah ke luar dari sungai, ia merasakan bebannya berkurang, “Ah,… bebanku rasanya berkurang… rasanya lebih enteng.”

Melihat hal itu, keledai yang membawa kapas mencoba melakukan hal yang sama dengan temannya. Tetapi apa yang tejadi? Bebannya bukannya semakin ringan, malahan semakin berat. Rupanya ia salah perhitungan!

Kerygmers, sering orang mengeluh kepada Tuhan, karena beban hidupnya terasa berat, dan memandang beban orang lain jauh lebih ringan. Padahal tidak selalu demikian. Masih banyak orang yang memiliki beban hidup yang jauh lebih berat daripada yang kamu alami, tapi mereka masih bisa menolong orang lain, masih bisa melayani Tuhan dengan sukacita. Terus maju, jangan berhenti melayani Tuhan hanya karena kamu punya masalah, sebab Tuhan tidak pernah membiarkan kamu menanggungnya sendiri.

Tuhan tidak pernah memberikan pencobaan melebihi kekuatanmu
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampunilah aku bila selama ini kurang mengucap syukur atas segala yang Engkau izinkan terjadi dalam hidupku. Ajari aku untuk selalu mengucap syukur buat segala peristiwa yang ku alami. Amin.”

LKB Photographic via Compfight cc

Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *