siapa-dulu-dong-temannya-renungan-06-mei-2014

Siapa Dulu Dong Temannya . . . ?

Ayat Emas
“Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak”
(Ams. 13:20a)

siapa-dulu-dong-temannya-renungan-06-mei-2014

Pasti menyenangkan mempunyai banyak teman. Teman di rumah, teman di sekolah, teman di perjalanan, maupun teman yang dijumpai di jejaring sosial. Tapi jangan salah pilih teman, karena bisa-bisa akan menjerumuskan atau menghancurkan kehidupan kita.

Awalnya Dony sudah diperingatkan sahabat baiknya untuk tidak berteman dengan Roby. Tapi dia menolak dan terus berteman dengan Roby. Beberapa bulan kemudian Dony baru menyesal, karena ternyata Roby yang dianggapnya baik, telah membawa lari uang tabungannya.

Raja Salomo dalam kitab Amsal juga mengingatkan bahwa pergaulan yang buruk akan merusakkan kebiasaan yang baik. Karena jika kita sudah mempunyai teman akrab, biasanya kita akan rela berbagi dan melakukan segala sesuatu demi teman kita. Alasannya demi solidaritas. Kalau rela melakukan yang baik dan demi kebaikan sih, gak masalah. Tapi kalau rela melakukan hal yang buruk dan melakukan kejahatan gimana hayo? Temanmu tiba-tiba mengajak merokok, minum-minuman keras atau membolos sekolah, apa tanggapanmu? Menolak tapi dikucilkan dari pertemanan bersama mereka atau menerima ajakan mereka dan tentu kamu jadi tidak baik.

Kerygmers, berhati-hatilah dalam memilih teman. Jika kamu bergaul dengan pemalas dan orang yang suka marah, maka sedikit banyak kamu pasti akan tertular kebiasaan buruk tersebut. Tapi jika kamu bergaul dengan anak yang rajin dan memiliki kebiasaan yang baik, maka kamu juga akan memiliki kebiasaan yang baik juga. Akan jauh lebih baik jika kitalah teman yang baik itu, karena kita juga memiliki Teman yang sangat baik, yaitu Tuhan Yesus.

Mendapat teman yang baik, jauh lebih berharga dari pada mendapatkan emas dan berlian
Doaku:
“Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk mendapatkan teman yang baik, yang bisa mendukungku bertumbuh mengenal-Mu. Jadikanlah aku sebagai teman yang baik bagi orang lain. Amin”
Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *