sindrom-k-pop-renungan-06-maret-2014

Sindrom K-Pop

Ayat Emas
“Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga tidak sanggup bertahan di antaramu, maka engkau harus menyokong dia sebagai orang asing dan pendatang, supaya ia dapat hidup di antaramu.”
(Im. 25:35)

sindrom-k-pop-renungan-06-maret-2014

Beberapa waktu lalu, di Jakarta heboh dengan kedatangan artis-artis Korea atau yang lebih dikenal dengan K-Pop. Membanjirnya tayangan artis-artis K-Pop lewat televisi, baik melalui soundtrack lagu, jingle iklan, dan sebagainya, mengarahkan pandangan masyarakat pada budaya K-Pop.

Serial TV paling nge-top saat itu diawali dengan penayangan ”Meteor Garden,” yang inti ceritanya merendahkan orang miskin. Dikisahkan San Chai, gadis yang berasal dari keluarga miskin, kuliah di sebuah kampus yang ternyata berisi orang-orang kaya. Bukannya mendapat perlakuan yang baik, dia malahan direndahkan habis-habisan, disiksa dan dicemooh.

Anehnya, cerita-cerita semacam ini, malah banyak diminati para penontonnya. Sindrom melecehkan orang miskin seakan sudah jadi budaya dunia sinetron kita. Bahkan banyak tayangan yang mengeksploitasi kemiskinan, menjadi sesuatu yang dibanggakan.

Kerygmers, Alkitab menyatakan dengan jelas bahwa jika kita mendapati seorang miskin, justru kita harus menolong mereka, bukan mencemooh, menghina, apalagi memperbudak. Alkitab mengajarkan bahwa seseorang tidak boleh dipandang hanya sesuai dengan status sosial atau kekayaan materi saja, tapi dari dalam hatinya. Sebagai anak-anak Tuhan, berlakulah bijaksana, tak hanya mengikuti arus zaman… kemana orang sedang mengidolakan sesuatu, di situ pula hati kita terpaut. Tapi, berlakulah bijak, hargailah orang-orang yang kurang mampu, karena mereka juga ciptaan Tuhan. Bantulah sesuai dengan kemampuanmu.

Semua orang diciptakan sederajat. Tidak ada yang berhak merendahkan sesamanya
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampunilah jika selama ini aku memandang rendah terhadap orang-orang yang kurang mampu. Tolonglah aku untuk mengasihi mereka. Amin.”
Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *