penasihat-yang-benar-renungan-22-februari-2014

Penasihat Yang Benar

Ayat Emas
“jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas;”
(Rm. 12 : 8)

penasihat-yang-benar-renungan-22-februari-2014

Bangsa Israel memiliki Musa sebagai hakim atas segala perkara yang terjadi di tengah-tengah bangsa itu. Satu kali mertua Musa, yaitu Yitro, melihat bahwa Musa sangat sibuk dengan urusan bangsa Israel yang harus diselesaikannya. Segala permasalahan besar dan kecil harus diselesaikan oleh Musa. Wah, pasti repot sekali, karena jumlah bangsa Israel yang sangat banyak dan permasalahan mereka juga beragam.

Yitro mertua Musa adalah orang yang taat dan takut akan Allah, sehingga nasihat yang diberikan pada Musa sangat menolongnya. Yitro memberikan nasihat untuk memilih orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, membantu Musa menjadi hakim di antara bangsa Israel. Perkara-perkara yang kecil bisa diselesaikan oleh para hakim yang dipilih tersebut. Sedangkan perkara-perkara yang besar, baru diserahkan pada Musa.

Apabila hanya Musa yang menghakimi semua persoalan yang ada bisa-bisa Musa kelelahan, capek dan akhirnya jatuh sakit, karena 24 jam waktunya untuk mengurusi banyak orang. Dengan bantuan orang-orang yang cakap dan takut akan Tuhan tersebut, Musa mendapatkan pertolongan dan mereka saling meringankan pekerjaan.

Kerygmers, kita pun dapat saling meringankan beban saudara-saudara kita dan bisa saling menasihati dengan benar. Nasihat yang tidak baik akan membuat rugi atau mencelakakan orang lain. Tapi nasihat yang baik, akan membuat seseorang bertumbuh pada pengenalan akan Firman Tuhan. Berilah nasihat yang positif agar teman, sahabat atau sesama kita, menjadi orang yang lebih baik lagi dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Jadilah penasihat yang berhikmat dan selalu meminta pertolongan dari Tuhan, karena Tuhan adalah sumber segala hikmat.

Nasihat yang positif akan membawa pengaruh yang positif pula
Doaku:
“Tuhan Yesus, jadikan aku pembawa pengaruh yang positif, agar melalui nasihat yang kuberikan akan mempermuliakan nama Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus, amin.”
Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *