mengatasi-pertengkaran-renungan-30-januari-2014

Mengatasi Pertengkaran

Ayat Emas
“Memulai pertengkaran adalah seperti membuka jalan air; jadi undurlah sebelum perbantahan mulai.”
(Ams. 17:14)
Bacaan: Amsal 15:1

mengatasi-pertengkaran-renungan-30-januari-2014

Siapa sih yang gak pernah bertengkar ? Bertengkar sama adik/kakak, bertengkar sama teman atau tetangga, bahkan bertengkar dengan orang tua. Bahkan orang tua kita sendiri juga kadang bertengkar kan ? Marah, jengkel, kesel, sebel itu emosi yang wajar. Tapi kita gak bisa membiarkan hal itu merusak mood kan ?

Ada tips dari Raja Salomo nih, orang yang paling bijaksana yang pernah hidup di dunia ini. Pertengkaran melibatkan dua orang atau lebih. Jadi kalau lawan kita sudah marah-marah, Raja Salomo bilang, jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman. Bicara yang pelan dan lembut saja, jangan malah balas membentak atau suara meninggi. Rendahkan suaramu. Jika cara itu tidak berhasil, tinggalkan dia. Pergilah, berarti dia tidak layak diladeni.

Dan Raja Salomo bilang juga, jangan memulai pertengkaran. Itu seperti bendungan jebol, akan merusak banyak hal. Menahan diri lebih hebat daripada melampiaskan amarah.

Pemenang sejati adalah mereka yang bisa menguasai diri dan tidak dikuasai amarah.

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota. — Amsal 16:32
Doaku:
“Tuhan Yesus, memohon pertolongan Tuhan agar aku mempunyai karakter yang sabar, dan mampu mengendalikan diri. Amin.”
Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *