namaku-renungan-3-desember-2013

Namaku

Ayat Emas
“Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu.”
(Yes.45:3)

namaku-renungan-3-desember-2013

Siapa namamu? Clara, Maria, Yosephin, Nirma, Roy, Bagus, Slamet, Aryo, Joko, dan sebagainya. Namamu pasti memiliki arti yang indah. Bahkan, sekalipun (maaf) wajahmu tidak terlalu tampan/cakep, pasti orangtuamu telah memberikan nama yang indah.

Namamu pasti memiliki arti yang indah atau baik, karena orangtuamu pasti tidak sembarangan atau asal-asalan saat memberikan nama itu. Karena di balik sebuah nama, juga tersimpan harapan di masa depanmu sebuah keberhasilan dari semua potensi yang ada dalam hidupmu.

Suatu saat, Adam diminta Tuhan Allah untuk memberikan nama atas segala ciptaan yang telah dibuat Tuhan. Tentu ini bukan pekerjaan yang main-main. Bayangkan, Adam harus membuat ratusan bahkan ribuan nama, untuk semua ciptaan-Nya. Hikmat dan kepandaian dari Tuhan Allah, tentunya yang membimbing Adam untuk menyelesaikan tugasnya ini.

Kerygmers, nama apapun yang diberikan orangtuamu kepadamu, adalah anugerah yang harus kamu syukuri. Karena dalam namamu tersebut ada harapan kamu akan berhasil dan menjadi seseorang yang berguna nantinya.

Tetapi terkadang, tanpa kita sadari, kita lebih suka mengganti nama orang, dengan nama-nama ejekan atau sebutan, yang mungkin sesuai dengan fisik mereka. Misal, “Ndut” hanya karena badannya gendut dan bulat. Atau “Kribo” karena rambutnya keriting. Meski kita sebenarnya juga tahu, nama-nama sebutan tersebut terkadang sebuah lelucon yang menyakiti hati seseorang.

Kerygmers, yuk, belajar menghargai diri kita, dengan mulai menyebutkan nama seseorang dengan benar dan baik. Bukankah berteman dengan banyak orang akan makin menyenangkan? Apalagi jika tanggapan mereka terhadap kita juga baik.

Namamu, identitas dirimu
Doaku:
“Tuhan Yesus, terimakasih untuk nama yang telah Engkau berikan kepadaku. Tolong aku untuk bisa menghargai teman-temanku yang lainnya. Amin.”
Share ini ke Google+

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *