konsep-diri-renungan-2-november-2012

Konsep Diri

Ayat Emas
“Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita.”
(Kej. 1:26)

konsep-diri-renungan-2-november-2012

Seorang penulis bernama Margaret Hensley, mengatakan bahwa konsep diri merupakan gambaran mental seseorang tentang dirinya, yang dikumpulkan dari sikap dirinya terhadap apa yang dialaminya.

Dengan demikian, apa yang dialami seseorang, balk itu buruk maupun menyenangkan, akan membentuk konsep dirinya. Jika seseorang dalam hidupnya banyak mengalami pengalaman buruk, maka dia cenderung tak dapat mengalami kepuasan dalam hidupnya. Orang seperti ini kadang melihat dirinya pada cermin yang keliru, dia akan sering melihat kegagalan dari pada prestasi dalam hidupnya.

Kerygmers, lihatlah konsep atau gambar diri kamu yang sesungguhnya, dari segi karya Allah dalam penciptaan. Waktu Allah menciptakanmu, Allah berfirman,”Baiklah kita menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Kita.”

Kamu adalah gambaran Allah, di dalam dirimu ada nafas Allah, itu artinya kamu adalah makhluk yang terdekat dengan Allah. Jangan merusak gambaran Allah dalam dirinnu, dengan pikiran-pikiran negatif, bahwa kamu tidak ada artinya. Kamu sangat berarti bagi Allah, karena kamu adalah foto copy-Nya Allah, kesayangan Allah.

Kamu adalah fotocopy Allah. Jagalah fotocopy itu agar tidak pudar dan rusak.
Doaku:
“Tuhan Yesus, ampunilah aku, kalau selama ini sudah merusak gambaran-Mu dalam hidupku, dengan pikiran-pikiran yang sia-sia. Aku menerima diriku apa adanya, seperti aku menerima Engkau. Amin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>