unlimited-love-renungan-1-april-2012

Unlimited Love

Ayat Emas
Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”
(Mrk.12:31)

unlimited-love-renungan-1-april-2012

Dalam kisah orang Samaria yang murah hati (Luk.10:30-37), Tuhan Yesus memberikan sebuah perumpamaan yang sempurna, mengenai kasih.

Orang Samaria dan orang Israel tidak saling bergaul. Orang Israel menganggap rendah orang Samaria, karena mereka adalah keturunan campuran dengan bangsa kafir, bukan orang Israel asli. Tapi, dalam kisah ini kita melihat, justru orang Samaria-lah yang mau menolong sesamanya. Korban perampokkan yang dalam keadaan sekarat itu, tidak ditolong oleh imam dan orang Lewi yang lewat di jalan itu. Di sini kita bisa melihat bahwa kasih tak terbatas dari orang Samaria ini.

Tuhan Yesus memberikan perumpamaan ini bukan tanpa maksud. Dia ingin manusia mengerti apa makna kasih yang sesungguhnya. Manusia sudah menerima kasih Tuhan secara utuh melalui pengorbanan Tuhan Yesus. Bahkan Alkitab mengata-kan bahwa Allah adalah kasih. Artinya, kita manusia yang sudah menikmati kasih dari Allah, seharusnya juga menyalurkannya pada sesama kita. Kasih dapat diwujudkan dengan memberi, kepada orang yang membutuh-kan. Kasih membuat kita rela berkorban bagi orang lain. Kasih tanpa batas artinya kita mau mengasihi semua orang, tidak pandang bulu dan pilih kasih. Semua orang sama-sama dikasihi Tuhan, lalu apa hak kita untuk tidak mengasihi? Kita adalah penebar kasih dalam dunia ini.

Milikku, berkat-Nya, aku akan berbagi denganmu
Doaku:
“Tuhan Yesus, biarlah kasih-Mu yang tak terbatas, mengalir dalam hatiku. Agar aku bisa mengasihi sesamaku, seperti diriku sendiri, Amin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>